21 Oktober, 2009

Mana yang lebih baik, Susu kedelai atau Susu Sapi ?

Mana yang lebih baik, Susu kedelai atau Susu Sapi ?


susu-kedelaiKebutuhan protein sehari sebanyak 30 % sudah dapat terpenuhi hanya dengan 2 gelas susu kedelai. Oleh karena itu kalau sekarang harga susu melambung tinggi maka susu kedelai bisa menjadi pilihan alternatif sebagai penggantinya.

Komposisi susu kedelai hampir sama dengan susu sapi. Karena itu susu kedelai dapat digunakan sebagai pengganti susu sapi. Susu ini baik dikonsumsi oleh mereka yang alergi susu sapi, yaitu orang-orang yang tidak punya atau kurang enzim laktase dalam saluran pencernaannya, sehingga tidak mampu mencerna laktosa dalam susu sapi.

Secara umum susu kedelai mempunyai kandungan vitamin B2, B2 niasin, piridoksin, dan golongan vitamin B yang tinggi. Vitamin lain yang terkandung dalam jumlah cukup banyak ialah vitamin E dan K.

Ada dua jenis susu kedelai, cair dan bubuk. Susu Kedelai cair lebih banyak dibuat dan diperdagangkan. Susu kedalai dapat disajikan dalam bentuk murni, artinya tanpa penambahan gula dan cita rasa baru.

Aroma susu kedelai memang agak langu (bunny flavor) karena itu dapat ditambah gula atau flavor seperti moka, pandan, vanili, cokelat, stroberi, dan lain-lain. Penambahan gula biasanya sekitar 5 – 7% dari berat susu. Bila penambahan kadar gula lebih dari 11% dapat menyebabkan cepat kenyang.
Seperti halnya susu sapi, susu kedelai juga dapat dibuat menjadi susu asam. Kalau susu asam yang dibuat dari susu sapi disebut yoghurt, maka susu asam dari susu kedelai dinamakan soyghurt.

Ditulis oleh Redaksi chem-is-try.org pada 12-05-2009

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Untuk kebaikan blog ini komentar anda aku tunggu