31 Januari, 2009

Kultur jaringan anggrek

Sekilas “kultur jaringan” anggrek
Perkembangan kultur jaringan di Indonesia terasa sangat lambat, bahkan hampir dikatakan jalan di tempat jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya, tidaklah heran jika impor bibit anggrek dalam bentuk ‘flask’ sempat membanjiri nursery-nursery anggrek di negara kita. Selain kesenjangan teknologi di lini akademisi, lembaga penelitian, publik dan pecinta anggrek, salah satu penyebab teknologi ini menjadi sangat lambat perkembangannya adalah karena adanya persepsi bahwa diperlukan investasi yang ’sangat mahal’ untuk membangun sebuah lab kultur jaringan, dan hanya cocok atau ‘feasible’ untuk perusahaan.
Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa, salah satunya adalah anggrek, diperkirakan sekitar 5000 jenis anggrek spesies tersebar di hutan wilayah Indonesia. Potensi ini sangat berharga bagi pengembang dan pecinta anggrek di Indonesia, khususnya potensi genetis untuk menghasilkan anggrek silangan yang memiliki nilai komersial tinggi. Potensi tersebut akan menjadi tidak berarti manakala penebangan hutan dan eksploitasi besar-besaran terjadi hutan kita, belum lagi pencurian terang-terangan ataupun “terselubung” dengan dalih kerjasama dan sumbangan penelitian baik oleh masyarakat kita maupun orang asing.
Sementara itu hanya sebagian kecil pihak yang mampu melakukan pengembangan dan pemanfaatan anggrek spesies, khususnya yang berkaitan dengan teknologi kultur jaringan. Tidak dipungkiri bahwa metode terbaik hingga saat ini dalam pelestarian dan perbanyakan anggrek adalah dengan kultur jaringan, karena melalui kuljar banyak hal yang bisa dilakukan dibandingkan dengan metode konvensional.
Secara prinsip, lab kultur jaringan dapat disederhanakan dengan melakukan modifikasi peralatan dan bahan yang digunakan, sehingga sangat dimungkinkan kultur jaringan seperti ‘home industri’. Hal ini dapat dilihat pada kelompok petani ‘pengkultur biji anggrek’ di Malang yang telah sedemikian banyak.
Beberapa gambaran dan potensi yang bisa dimunculkan dalam kultur jaringan diantaranya adalah :
Kultur meristem, dapat menghasilkan anggrek yang bebas virus,sehingga sangat tepat digunakan pada tanaman anggrek spesies langka yang telah terinfeksi oleh hama penyakit, termasuk virus.
Kultur anther, bisa menghasilkan anggrek dengan genetik haploid (1n), sehingga bentuknya lebih kecil jika dibandingkan dengan anggrek diploid (2n). Dengan demikian sangat dimungkinkan untuk menghasilkan tanaman anggrek mini, selain itu dengan kultur anther berpeluang memunculkan sifat resesif unggul yang pada kondisi normal tidak akan muncul karena tertutup oleh yang dominan
Dengan tekhnik poliploid dimungkinkan untuk mendapatkan tanaman anggrek ‘giant’ atau besar. Tekhnik ini salah satunya dengan memberikan induksi bahan kimia yang bersifat menghambat (cholchicine)
Kloning, tekhnik ini memungkinkan untuk dihasilkan anggrek dengan jumlah banyak dan seragam, khususnya untuk jenis anggrek bunga potong. Sebagian penganggrek telah mampu melakukan tekhnik ini.
Mutasi, secara alami mutasi sangat sulit terjadi. Beberapa literatur peluangnya 1 : 100 000 000. Dengan memberikan induksi tertentu melalui kultur jaringan hal tersebut lebih mudah untuk diatur. Tanaman yang mengalami mutasi permanen biasanya memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi
Bank plasma, dengan meminimalkan pertumbuhan secara ‘in-vitro’ kita bisa mengoleksi tanaman anggrek langka tanpa harus memiliki lahan yang luas dan perawatan intensif. Baik untuk spesies langka Indonesia maupun dari luar negeri untuk menjaga keaslian genetis yang sangat penting dalam proses pemuliaan anggrek.

Rencana Pembelajaran Kimia SMA kelas XI Semester II

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

LARUTAN

Mata Pelajaran : Kimia

Kelas / Semester : X / 1

Standar Kompetensi : 4. Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran dan terapannya.

Kompetensi dasar : 4.1 Mendeskripsikan teori-teori asam basa dan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.

I. Indikator:

Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius.
2. Mengidentifikasi sifat larutan asam dan basa dengan berbagai indikator.

3. Memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang idak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai indikator asam dan basa.

4. Menjelaskan pengertian kekuatan asam dan menyimpulkan hasil pengukuran pH dari bebrapa larutan asam dan basa yang konsentrasinya sama.

5. Menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat pengionan (α) dan tetapan asam (Ka) atau tetapan basa (Kb)

6. Menentukan pHlarutan asam dan basa berdsasarkan konsentrasi asam/basa dan nilai Ka/Kb.

7. Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry.

8. Menuliskan persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry dan menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinya.

9. Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Lewis.

10. Menjelaskan penggunaan konsep pH dalam lingkungan.

II. Tujuan:

Siswa dapat,

Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius.
Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry.
Menuliskan persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry dan menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinya.
Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Lewis.
5. Mengidentifikasi sifat larutan asam dan basa dengan berbagai indikator.

Memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang idak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai indikator asam dan basa.
Menjelaskan pengertian kekuatan asam dan menyimpulkan hasil pengukuran pH dari bebrapa larutan asam dan basa yang konsentrasinya sama.
8. Menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat pengionan (α) dan tetapan asam (Ka) atau tetapan basa (Kb)

Menentukan pHlarutan asam dan basa berdsasarkan konsentrasi asam/basa dan nilai Ka/Kb.
Menjelaskan penggunaan konsep pH dalam lingkungan.
III. Materi Ajar :

o Sifat larutan asam dan basa.

o Teori asam-basa Arhenius.

o Derajat keasaman.

o Derajat ionisasi (α) dan tetapan asam (Ka) dan basa (Kb).

o Teori asam-basa Brosted-Lowry.

o Aplikasi kosep pH dalam pencemaranair.

IV. Metode pendekatan:

Penyampaian informasi
Percobaan/Demonstrasi
Diskusi
Penugasan
V. Alokasi Waktu

16 Jam pelajaran

VI. Skenario Pembelajaran

Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)

Tatap muka(5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.

Tugas terstruktur(80 menit)

o Melakukan Percobaan/demonstrasi dan diskusi kelas untuk mengidentifikasi sifat larutan asam, basa dan netral dengan menggunakan kertas lakmus dan indikator pH sesuai dengan LKS 5.1.

o Melakukan Percobaan/demonstrasi dan diskusi kelas untuk mengidentifikasi sifat larutan asam, basa dan netral dengan indikator buatan sendiri sesuai dengan LKS 5.1.

o Menyimpulkan sifat asam, basa dan netral.

o Menyimpulkan cara menunjukkan asam, basa dan netral dengan indikator asam-basa industri dan buatan sendiri

Tugas Mandiri(5 menit)

o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 5.2 dan LKS 5.3.

o Penutup

Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)

Tatap muka(5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.

Tugas terstruktur(80 menit)

o Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan sifat asam dan basa sesuai dengan LKS 5.2.

o Melakukan Percobaan/demonstrasi dan diskusi kelas untuk membahas konsep pH sesuai dengan LKS 5.3.

o Menyimpulkan teori asam-basa Arrhenius.

o Menyimpulkan konsep pH.

Tugas Mandiri(5 menit)

o Menugaskan siswa untuk mengerjakan Latihan 5.1 dari buku paket.

o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 5.4.

Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)

Tatap muka(5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.

Tugas terstruktur(80 menit)

o Membahas pekerjaan rumah siswa (Latihan 5.1), khususnya yang dianggap sukar.

o Melakukan diskusi kelas untuk membahas kekuatan asam sesuai dengan LKS 5.4.

o Menyimpulkan hubungan kekuatan asam dengan derajat ionisasi dan tetapan asam atau tetapan basa.

Tugas Mandiri(5 menit).

o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 5.5.

Pertemuan Keempat: (2 jam pelajaran)

Tatap muka(5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.

Tugas terstruktur(80 menit)

o Melakukan diskusi kelas untuk menhitung pH larutan asam dan basa sesuai dengan LKS 5.3.

o Menyimpulkan rumus-rumus untuk menghitung pH larutan

Tugas Mandiri(5 menit)

o Menugaskan siswa untuk mengerjakan Latihan 5.2.

o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 5.6.

Pertemuan Kelima: (2 jam pelajaran)

Tatap muka(5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.

Tugas terstruktur(80 menit)

o Membahas pekerjaan rumus siswa (Latihan 5.2), khususnya yang dianggap sukar.

o Malakukan diskusi kelas untuk membahas trayek pH indikator asam-basa sesuai dengan LKS 5.6.

o Menyimpulkan trayek pH indikator.

Tugas Mandiri(5 menit)

o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 5.7.

Pertemuan Keenam: (2 jam pelajaran)

Tatap muka(5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.

Tugas terstruktur(80 menit)

o Melakukan diskusi kelas untuk membahas teori asam-basa Brosted-Lowry dan Lewis sesuai dengan LKS 5.7.

o Menyimpulkan pengertian asam dan basa menurut Brosted-Lowry dan Lewis sesuai dengan LKS 5.7.

Tugas Mandiri(5 menit)

o Menugaskan siswa untuk mengerjakan Latihan 5.4 dari buku paket dan uji kompetensi dari LKS.

o Menugaskan siswa untuk menyiapkan presentasi tentang pencemaran air.

Pertemuan Ketujuh: (2 jam pelajaran)

Tatap muka(5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.

Tugas terstruktur(80 menit)

o Membahas pekerjaan rumah siswa (Latihan 5.4 dan uji kompetensi), khususnya yang dianggap sukar.

o Presentasi siswa tentang pH sebagai indikator pencemaran air.

Tugas Mandiri(5 menit)

o Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya.

Ulangan harian (soal dapat dilihat pada kartu soal).

Pertemuan Kedelapan: (2 jam pelajaran)

Tatap muka(5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

Tugas terstruktur(80 menit)

o Ulangan harian (60 menit)

o Membahas soal ulangan (20 menit)

Tugas Mandiri(5 menit)

o Mengingatkan siswa untuk remedial.

o Menugaskan siswa untuk mengerjakan LKS 6.1.

VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :

Buku Kimia; LKS, multimedia.

VII. Penilaian:

A. PPK : KIM2201MP dan KIM2204MP

B. Praktik : KIM2202MP dan KIM2203MP

C. Afeksi : KIM2205MP



Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kimia

Kepala Sekolah







Dra. Sri Supriyanti, M.Pd. Agus Hardiyanto

NIP. 130899211 NIP. 131906987













































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

STOIKIOMETRI LARUTAN

Mata Pelajaran : Kimia

Kelas / Semester : XI IPA / 2

Standar Kompetensi : 4. Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran dan terapannya.

Kompetensi dasar : 4.2 Menghitung banyaknya pereaksi dan hasil reaksi dalam larutan elektrolit dari hasil titrasi asam basa.

I. Indikator:

11. Menentukan konsentrasi asam atau basa dengan titrasi.

12. Menentukan kadar zat melalui titrasi.

13. Menentukan indikator yang tepat digunakan untuk titrasi asam dan basa.

14. Menentukan kadar zat dari data hasil titrasi.

15. Membuat grafik titrasi dari data hasil percobaan.

II. Tujuan:

Siswa dapat,

Menentukan konsentrasi asam atau basa dengan titrasi.
Menentukan kadar zat melalui titrasi.
Menentukan indikator yang tepat digunakan untuk titrasi asam dan basa.
Menentukan kadar zat dari data hasil titrasi.
Membuat grafik titrasi dari data hasil percobaan.
III. Materi Ajar :

o Persamaan ion.

o Reaksi penetralan.

o Titrasi asam-basa.

o Kurva titrasi.

o Kurva titrasi teoritis.

o Memilih indikator.

IV. Metode pendekatan:

Penyampaian informasi
Percobaan/Demonstrasi
Diskusi
Penugasan
VII. Alokasi Waktu

10 Jam pelajaran

VIII. Skenario Pembelajaran

Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)

Tatap muka(5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.

Tugas terstruktur(80 menit)

o Melakukan demonstrasi dan diskusi kelas untuk membahas persamaan ion sesuai dengan LKS 6.1.

o Melakukan demonstrasi dan diskusi kelas untuk membahas reaksi penetralan sesuai dengan LKS 6.2.

Tugas Mandiri(5 menit)

o Menyimpulkan persamaan ion.

o Menyimpulkan reaksi penetralan.

o Menugaskan siswa untuk mengerjakan Latihan 6.1 dari buku paket.

o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 6.3 dan 6.4.

Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)

Tatap muka(5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.

Tugas terstruktur(80 menit)

o Membahas perkerjaan rumah siswa (Latihan 6.1), khususnya yang diangap sukar.

o Melakukan demonstrasi dan diskusi kelas untuk membahas titrasi asam-basa sesuai dengan LKS 6.3.

o Melakukan demonstrasi dan diskusi kelas untuk membahas kurva titrasi sesuai dengan LKS 6.4.

Tugas Mandiri(5 menit)

o Menyimpulkan prinsip titrasi asam-basa.

o Menyimpulkan kurva titrasi.

o Menugaskan siswa untuk mengerjakan Latihan 6.2 dari buku paket.

o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 5.5 dan 5.6.

Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)

Tatap muka(5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.

Tugas terstruktur(80 menit)

o Membahas pekerjaan rumah siswa (Latihan 5.2), khususnya yang dianggap sukar.

o Presentasi kelopok tentang kurva titrasi teoritis.

o Melakukan dikusi kelas untuk membahas indikator titrasi yang baik sesuai dengan LKS 5.6

Tugas Mandiri(5 menit)

o Menyimpulkan cara memilih indikator titrasi asam-basa.

o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 6.7.

Pertemuan Keempat: (2 jam pelajaran)

Tatap muka(5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.

Tugas terstruktur(80 menit)

o Melakukan percobaan penetapan kadar asam asetat dalam cuka makan sesuai dengan LKS 6.7.

Tugas Mandiri(5 menit)

o Menyimpulkan hasil percobaan.

o Menugaskan siswa untuk mengerjakan Latihan 6.3 dari buku paket dan uji kompotensi Bab 6 dari LKS.

o Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan kelima: (2 jam pelajaran)

Tatap muka(5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

Tugas terstruktur(80 menit)

o Membahas pekerjaan rumah siswa, khususnya yang diangap sukar.

o Ulangan harian (60 menit)

o Membahas soal ulangan (20 menit)

Tugas Mandiri(5 menit)

o Mengingatkan siswa untuk remedial.

o Menugaskan siswa untuk mengerjakan LKS 7.1.

VIII. Alat / Bahan / Sumber Belajar :

Buku Kimia; LKS, multimedia.

IX. Penilaian:

A. PPK : KIM2206MP

B. Praktik : KIM2208MP

C. Afeksi : KIM2207MP



Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kimia

Kepala Sekolah







Dra. Sri Supriyanti, M.Pd. Agus Hardiyanto

NIP. 130899211 NIP. 131906987

















































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

LARUTAN PENYANGGA

Mata Pelajaran : Kimia

Kelas / Semester : XI IPA / 2

Standar Kompetensi : 4. Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran dan terapannya.

Kompetensi dasar : 4.3. Mendeskripsikan sifat larutan penyangga dan peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup.

I. Indikator:

16. Menganalisis larutan penyangga dan bukan penyangga melalui percobaan.

17. Menghitung pH larutan penyangga.

18. Menghitung pH larutan penyangga dengan penambahan sedikit asam atau sedikit basa atau dengan poengenceran.

19. Menjelaskan fungsi larutan penyangga dalam tubuh mahluk hidup

II. Tujuan:

Siswa dapat,

Menganalisis larutan penyangga dan bukan penyangga melalui percobaan.
2. Menghitung pH larutan penyangga.

Menghitung pH larutan penyangga dengan penambahan sedikit asam atau sedikit basa atau dengan poengenceran.
Menjelaskan fungsi larutan penyangga dalam tubuh mahluk hidup
III. Materi Ajar :

o Komponen dan fungsi larutan penyangga.

o pH larutan penyangga.

o Fungsi larutan penyangga.

IV. Metode pendekatan:

Penyampaian informasi
Percobaan/Demonstrasi
Diskusi
Penugasan
IX. Alokasi Waktu

Jam pelajaran

X. Skenario Pembelajaran

Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)

Tatap muka(5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.

Tugas terstruktur(80 menit)

o Melakukan demonstrasi dan diskusi kelas untuk membahas komponen larutan penyangga sesuai dengan LKS 7.1.

Tugas Mandiri(5 menit)

o Menyimpulkan larutan penyangga.

o Menyimpulkan komponen dan cara kerja larutan penyangga.

o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 7.2 dan 7.3.

o Salam penutup.

Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)

Tatap muka(5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.

Tugas terstruktur(80 menit)

o Melakukan diskusi kelas untuk membahas pH larutan penyangga sesuai dengan LKS 7.2.

o Melakukan diskusi kelas untuk membahas perubahan pH larutan penyangga sesuai dengan LKS 7.3.

Tugas Mandiri(5 menit)

o Menyimpulkan rumus untuk menghitung pH larutan penyangga.

o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 7.4.

o Menugaskan siswa untuk mengerjakan Latihan 7.1 dari buku paket.

o Salam penutup.

Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)

Tatap muka(5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.

Tugas terstruktur(80 menit)

o Melakukan dikusi kelas untuk membahas fungsi larutan penyangga sesuai dengan LKS 7.4.

o Membahas pekerjaan rumah siswa (Latihan 7.1), khususnya yang dianggap sukar.

Tugas Mandiri(5 menit)

o Menyimpulkan fungsi larutan penyangga.

o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 8.1.

o Salam penutup.

X. Alat / Bahan / Sumber Belajar :

Buku Kimia; LKS, multimedia.

XI. Penilaian:

A. PPK : KIM2210MP

B. Praktik : KIM2209MP

C. Afeksi : KIM2211MP



Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kimia

Kepala Sekolah







Dra. Sri Supriyanti, M.Pd. Agus Hardiyanto

NIP. 130899211 NIP. 131906987





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

HIDROLISIS

Mata Pelajaran : Kimia

Kelas / Semester : XI IPA / 2

Standar Kompetensi : 4. Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran dan terapannya.

Kompetensi dasar : 4.4. Menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut

I. Indikator:

20. Menentukan sifat larutan garam melalui percobaan.

21. Menjelaskan sifat larutan garam dengan konsep hidrolisis

22. Menghitung pH larutan garam yang terhidrolisis.

II. Tujuan:

Siswa dapat,

Menentukan sifat larutan garam melalui percobaan.
Menjelaskan sifat larutan garam dengan konsep hidrolisis
Menghitung pH larutan garam yang terhidrolisis.
III. Materi Ajar :

o Sifat Larutan garam

o Konsep hidrolisis

o pH larutan garam

IV. Metode pendekatan:

Penyampaian informasi
Percobaan/Demonstrasi
Diskusi
Penugasan
XI. Alokasi Waktu

6 Jam pelajaran

XII. Skenario Pembelajaran

Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)

Tatap muka(5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.

Tugas terstruktur(80 menit)

o Melakukan percobaan/demonstrasi dan diskusi kelas untuk mempelajari sifat larutan garam sesuai dengan LKS 8.1.

Tugas Mandiri(5 menit)

o Menyimpulkan sifat larutan garam.

o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 8.2 dan 8.3.

o Salam penutup.

Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)

Tatap muka(5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.

Tugas terstruktur(80 menit)

o Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan sifat larutan garam sesuai dengan LKS 8.2.

o Melakukan diskusi kelas untuk menghitung pH larutan garam sesuai dengan LKS 3.3.

Tugas Mandiri(5 menit)

o Menyimpulkan rumus untuk menghitung pH larutan garam

o Menugaskan siswa untuk mempelajari Latihan 8.1 dari buku paket.

o Menugaskan siswa untuk mengerjakan uji kompetensi dari LKS.

o Salam penutup.

Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)

Tatap muka(5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.

Tugas terstruktur(80 menit)

o Membahas pekerjaan rumah siswa (Latihan 7.1), khususnya yang dianggap sukar.

Tugas Mandiri(5 menit)

o Menugaskan siswa untuk mengerjakan soal-soal Bab 8 dari buku paket.

o Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya.

o Salam penutup.

Pertemuan Keempat: (2 jam pelajaran)

Tatap muka(5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.

Tugas terstruktur(80 menit)

o Ulangan blok bab 7 dan bab 8 (60 menit).

o Membahas soal ulangan

Tugas Mandiri(5 menit)

o Mengingatkan siswa untuk remedial.

o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 9.1.

o Salam penutup.

XII. Alat / Bahan / Sumber Belajar :

Buku Kimia; LKS, multimedia.

XIII. Penilaian:

A. PPK : KIM2213MP

B. Praktik : KIM2212MP

C. Afeksi : KIM2214MP



Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kimia

Kepala Sekolah







Dra. Sri Supriyanti, M.Pd. Agus Hardiyanto

NIP. 130899211 NIP. 131906987











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

KELARUTAN DAN HASILKALI KELARUTAN

Mata Pelajaran : Kimia

Kelas / Semester : XI IPA / 2

Standar Kompetensi : 4. Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran dan terapannya.

Kompetensi dasar : 4.6. Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan dan hasil kali kelarutan.

I. Indikator:

1. Menjelaskan arti kelarutan dan hasilkali kelarutan.

2. Menuliskan ungkapan berbagai Ksp elektrolit yang sukar larut dalam air.

3. Menghitung kelarutan suatu elektrolit yang sukar larut berdasarkan data Ksp atau sebaliknya..

4. Menjelaskan pengaruh penambahan ion senama pada kelarutan.

5. Memperkirakan terbentuknya endapan berdasarkan harga Ksp.

II. Tujuan:

Siswa dapat,

Menjelaskan arti kelarutan dan hasilkali kelarutan.
2. Menuliskan ungkapan berbagai Ksp elektrolit yang sukar larut dalam air.

3. Menghitung kelarutan suatu elektrolit yang sukar larut berdasarkan data Ksp atau sebaliknya..

Menjelaskan pengaruh penambahan ion senama pada kelarutan.
Memperkirakan terbentuknya endapan berdasarkan harga Ksp.
III. Materi Ajar :

o Kelarutan dan hasilkali kelarutan.

o Pengaruh ion senamapada kelarutan.

o Reaksi pengendapan.

IV. Metode pendekatan:

Penyampaian informasi
Percobaan/Demonstrasi
Diskusi
Penugasan
XIII. Alokasi Waktu

6 Jam pelajaran



XIV. Skenario Pembelajaran

Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)

Tatap muka(5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.

Tugas terstruktur(80 menit)

o Melakukan percobaan/demonstrasi dan diskusi kelas untuk

1) menjelaskan pengertian kelarutan dan hasilkali kelarutan

2) hubungan kelarutan dan hasilkali kelarutan

3) menghitung nilai kelarutan berdasarkan hasilkali kelarutan dan sebaliknya

sesuai dengan LKS 9.1.







Tugas Mandiri(5 menit)

o Menyimpulkan kelarutan dan hasilkali kelarutan serta hubungan di antara keduanya.

o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 9.2 dan 9.3.

o Salam penutup.



Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)

Tatap muka(5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.

Tugas terstruktur(80 menit)

o Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan pengaruh ion senama pada kelarutan sesuai dengan LKS 9.2.

o Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan reaksi pengendapan sesuai dengan LKS 9.3.

Tugas Mandiri(5 menit)

o Menyimpulkan rumus untuk menghitung pH larutan garam.

o Menugaskan siswa untuk mengerjakan Latihan 9.1 dari buku paket.

o Menugaskan siswa untuk mengerjakan uji kompetensi Bab 9 dari LKS.

o Salam penutup.



Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)

Tatap muka(5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.

Tugas terstruktur(80 menit)

o Membahas pekerjaan rumah siswa (Latihan 9.1), dan uji kompetensi dari LKS khususnya yang dianggap sukar.

Tugas Mandiri(5 menit)

o Menugaskan siswa untuk mengerjakan soal-soal Bab 8 dari buku paket.

o Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya.

o Salam penutup.



Pertemuan Keempat: (2 jam pelajaran)

Tatap muka(5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.

Tugas terstruktur(80 menit)

(2) Ulangan blok bab 9 (60 menit).

(3) Membahas soal ulangan

Tugas Mandiri(5 menit)

(4) Mengingatkan siswa untuk remedial.

(5) Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 10.1.

(6) Salam penutup.



VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :

Buku Kimia; LKS, multimedia.



VII. Penilaian:

A. PPK : KIM2217MP

B. Praktik : KIM2218MP

C. Afeksi : KIM2219MP





Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kimia

Kepala Sekolah







Dra. Sri Supriyanti, M.Pd. Agus Hardiyanto

NIP. 130899211 NIP. 131906987































































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SISTEM KOLOID

Mata Pelajaran : Kimia

Kelas / Semester : XI IPA / 2

Standar Kompetensi : 5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta peneapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi dasar : 5.1. Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

5.2. Membuat berbagai sistem koloid dengan bahan-bahan yang ada di sekitarnya.



I. Indikator:

6. Mengklasifikasikan suspensi kasar, larutan sejati dan koloid berdasarkan data hasil pengamatan (effek Tyndall, homogen/heterogen, dan penyaringan)

7. Mengelompokkan jenis koloid berdasarkan fase terdispersi dan fase pendispersi.

8. Mendeskripsikan sifat-sifat koloid (effek Tyndall, gerak Brown, dialisis, elektroforesis, emulsi, koagulasi)

9. Menjelaskan koloid liofob dan liofil

10. Mendeskripsikan peranan koloid di industri kosmetik, makanan, dan farmasi.

11. Menjelaskan proses pembuatan koloid melalui percobaan.



II. Tujuan:

Siswa dapat,

Mengklasifikasikan suspensi kasar, larutan sejati dan koloid berdasarkan data hasil pengamatan (effek Tyndall, homogen/heterogen, dan penyaringan)
Mengelompokkan jenis koloid berdasarkan fase terdispersi dan fase pendispersi.
Mendeskripsikan sifat-sifat koloid (effek Tyndall, gerak Brown, dialisis, elektroforesis, emulsi, koagulasi)
Menjelaskan koloid liofob dan liofil
Mendeskripsikan peranan koloid di industri kosmetik, makanan, dan farmasi.
Menjelaskan proses pembuatan koloid melalui percobaan.


III. Materi Ajar :

o Kelarutan dan hasilkali kelarutan.

o Pengaruh ion senamapada kelarutan.

o Reaksi pengendapan.



IV. Metode pendekatan:

Penyampaian informasi
Percobaan/Demonstrasi
Diskusi
Penugasan


XV. Alokasi Waktu

6 Jam pelajaran



XVI. Skenario Pembelajaran

Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)

Tatap muka(5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.

Tugas terstruktur(80 menit)

o Melakukan percobaan/demonstrasi dan diskusi kelas untuk menjelaskan klasifikasi sistem koloid sesuai dengan LKS 10.1.

Tugas Mandiri(5 menit)

o Menyimpulkan sistem koloid dan penggolongannya.

o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 10.2.

o Salam penutup.



Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)

Tatap muka(5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.

Tugas terstruktur(80 menit)

o Melakukan diskusi kelas untuk membahas sifat-sifat koloiod sesuai dengan LKS 10.2.

Tugas Mandiri(5 menit)

o Menyimpulkan sifat-sifat koloid.

o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 10.3.

o Salam penutup.



Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)

Tatap muka(5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.

Tugas terstruktur(80 menit)

o Melakukan percobaan dan diskusi kelas untuk mempelajari pembuatan koloid sesuai dengan LKS 10.3.

Tugas Mandiri(5 menit)

o Menugaskan siswa untuk mengerjakan soal-soal Bab 10 dari buku paket dan soal uji kompetensi dari LKS.

o Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya.

o Salam penutup.



Pertemuan Keempat: (2 jam pelajaran)

Tatap muka(5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.

Tugas terstruktur(80 menit)

(7) Membahas pekerjaan rumah siswa (soal-soal bab 10 dan soal uji kompetensi), khususnya yang dianggap sukar (20 menit)

(8) Ulangan blok bab 10 (45 menit).

(9) Membahas soal ulangan (10 menit)

Tugas Mandiri(5 menit)

(10) Mengingatkan siswa untuk remedial.

(11) Salam penutup.



VIII. Alat / Bahan / Sumber Belajar :

Buku Kimia; LKS, multimedia.

IX. Penilaian:

A. PPK : KIM2220MP dan KIM2223MP

B. Praktik : KIM2221MP dan KIM2224MP

C. Afeksi : KIM2222MP dan KIM2225MP



Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kimia

Kepala Sekolah







Dra. Sri Supriyanti, M.Pd. Agus Hardiyanto

NIP. 130899211 NIP. 131906987


















Rencana Pembelajaran Kimia SMA kelas XI Semester I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Program / Semester : XI / IPA / 1
Pertemuan : 1 s/d 5
Alokasi waktu : 10 x 45 menit.
Standart Kompetensi : 1. Memahami struktur atom untuk meramalkan sifat – sifat periodik unsur, struktur molekul dan sifat – sifat senyawa.
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan peori atom bohr dan mekanika kuantum untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital serta menentukan letak unsur dalam tabel periodik.
Indikator :

Pertemuan ke – 1 :
- Menjelaskan kelemahan teori atom Bohr.
- Menjelaskan teori mekanika kuantum
Pertemuan ke – 2 :
- Menentukan bilangan kuantum kemungkinan elektron berada
- Menggambarkan bentuk orbital
- Menjelaskan kulit dan subkulit serta hubungannya dengan bilangan kuantum
Pertemuan ke – 3 dan 4 :
- Menggunakan prinsip aufbau aturan hund dan asas larangan pauli untuk menuliskan konsfigurasi elektron dan diagram orbital.
Pertemuan ke – 5 :
- Menhubungkan konfigurasi elektron suatu unsur dan letaknya dalam sistem periodik unsur..
I. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan ke – 1 :
o Siswa dapat menjelaskan kelemahan teori atom Bohr.
o Siswa dapat menjelaskan teori mekanika kuantum
Pertemuan ke – 2 :
o Siswa dapat menentukan bilangan kuantum kemungkinan elektron berada
o Siswa dapat menggambarkan bentuk orbital
o Siswa dapat menjelaskan kulit dan subkulit serta hubungannya dengan bilangan kuantum
Pertemuan ke – 3 dan 4 :
o Siswa dapat menggunakan prinsip aufbau aturan hund dan asas larangan pauli untuk menuliskan konsfigurasi elektron dan diagram orbital.
Pertemuan ke – 5 :
o Siswa dapat menhubungkan konfigurasi elektron suatu unsur dan letaknya dalam sistem periodik unsur.

II. Materi Pembelajaran
1. Teori atom Bohr
2. Teori atom mekanika kuantum
3. Bilangan kunatum dan orbital
4. Konfigurasi elektron dan hubungannya dengan sistem periodik

III. Metode Pembelajaran
Diskusi informasi
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan ke – 1 :

A. TATAP MUKA (10 menit )
o Pre test tentang teori atom Bohr yang telah diberikan di kelas X
B. TUGAS TERSTRUKTUR (80 menit)
o Mengkaji kelemahan teori atom Bohr
o Mengkaji hubungan teori atom Bohr dengan teori mekanika kuantum, prinsip ketidakpastian dan mekanika gelombang.
o Menyimpulkan tentang hubungan teori atom Bohr dan Mekanika kuantum
C. TUGAS MANDIRI
o Mengerjakan soal latihan dari buku tugas mandiri 1 (Hal 11)

Pertemuan ke – 2 :
A. TATAP MUKA (10 menit )
o Pre test hubungan teori atom bohr dengan mekanika kuantum
B. TUGAS TERSTRUKTUR (80 Menit)
o Menentukan bilangan kuantum serta menggambarkan bentuk orbital s, p, d dan f.
o Mengulas pengertian kulit dan subkulit serta hubungannya dengan bilangan kuantum.
o Menarik kesimpulan tentang hubungan bilangan kuantum dengan kulit dan subkulit.
C. TUGAS MANDIRI
o Mengerjakan soal latihan dari buku tugas mandiri 2 (Hal 27)

Pertemuan ke – 3 dan 4 :
A. TATAP MUKA (15 menit )
o Tanya jawab tentang hubungan bilangan kuantum dengan kulit dan subkulit.
B. TUGAS TERSTRUKTUR (75 Menit)
o Diskusi cara penulisan konfigurasi elektron berdasarkan prinsipaufbau
o Menggambarkan diagram orbital berdasarkan aturan hund dan asas larangan pauli.
C. TUGAS MANDIRI
o Memberi tugas pada siswa tentang konfigurasi elektron beberapa unsur serta menggambarkan diagram orbital di sub kulit terakhir yang terisi elektron.

Pertemuan ke – 5 :
A. TATAP MUKA (45 menit )
o Pre test tentang konfigurasi elektron beberapa unsur
o Menentukan elektron valensi dan kulit elektron terluar dari konfigurasi elektron beberapa unsur.
o Mengamati subkulit tempat pengisian elektron terakhir.

B. TUGAS TERSTRUKTUR (45 Menit)
o Menentukan posisi atom dalam SPU berdasarkan konfigurasi elektron

C. TUGAS MANDIRI
Tugas untuk menentukan posisi unsur dalam SPU berdasarkan konfigurasi elektron

V. Alat / Bahan / Sumber :
o Alat Peraga, lembar kerja siswa, presentasi dan buku kimia
VI. Penilaian
o Tugas individu, kuis, ulangan harian dalam bentuk test tertulis


Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kimia
Kepala Sekolah



Dra. Sri Supriyanti, M.Pd. Agus Hardiyanto
NIP. 130899211 NIP. 131906987









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Program / Semester : XI / IPA / 1
Pertemuan : 6
Alokasi waktu : 2 x 45 menit.
Standart Kompetensi : 1. Memahami struktur atom untuk meramalkan sifat – sifat periodik unsur, struktur molekul dan sifat – sifat senyawa.
Kompetensi Dasar : 1.2.Menjelaskan jumlah pasangan elektron di sekitar inti atom dan teorihibridisasi untuk meramalkan bentuk molekul
Indikator :
- Menentukan PEB dan PEI
- Menentukan tipe molekul.
- Menentukan bentuk molekul berdasarkan teori pasangan elektron
- Menentukan bentuk molekul berdasarkan teori hibridisasi

I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu meramalkan bentuk molekul berdasarkan teori pasangan elektron dan teori hibridisasi

II. Materi Pembelajaran
o Struktur lewis
o PEB dan PEI
o Tipe – tipe molekul
o Bentuk molekul

III. Metode Pembelajaran
Diskusi Informasi

IV. Langkah – langkah Pembelajaran
A. TATAP MUKA (10 Menit )
o Pre test tentang elektron valensi
B. TUGAS TERSTRUKTUR (80 Menit)
o Diskusi inforamsi tentang menentukan PEB dab PEI berdasarkan struktur lewis, tipe molekul , benutk molekul dan hibridisasi.
C. TUGAS MANDIRI
o Mengerjakan soal latihan dari buku tugas mandiri 3 (Hal 33)

V. Alat / Bahan / Sumber :
Buku kimia
Komputer, LCD
Internet

VI. Penilaian
a. Jenis tagihan : tugas individu dan ulangan harian
b. Bentuk intrumen : Portopolio dan test tertulis


Mengetahui Purwokerto
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Kimia



Dra. Sri Supriyanti, M.Pd. Agus Hardiyanto
NIP. 130899211 NIP. 131906987




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Program / Semester : XI / IPA / 1
Pertemuan : 8 dan 9
Alokasi waktu : 4 x 45 menit.
Standart Kompetensi : 2.Memahami perubahan energi dalam reaksi kimia dan cara pengukurannnya.
Kompetensi Dasar : 2.1.Mendekripsikan perubahan energi suatu reaksi, reaksi eksoterm dan reaksi endoterm.
Indikator :
Pertemuan ke – 8 :
- Menjelaskan hukum kekekalan energi.
- Membedakan sistem dan lingkungan
Pertemuan ke – 9 :
- Membedakan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm melalui percobaan
- Menggambarkan grafik reaksi eksoterm dan reaksi endoterm
Tujuan Pembelajaran
o Dapat membedakan sistem dan lingkungan
o Melalui percobaan dapat menyimpulkan perbedaan reaksi eksoterm dan endoterm
II. Materi Pembelajaran
o Sistem dan lingkungan
o Reaksi eksoterm dan reaksi endoterm
o Perubahan entalpi
III. Metode Pembelajaran
o Diskusi
o Eksperimen / demontrasi
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemeuan ke 8 :
A. TATAP MUKA (10 Menit )
o Pre test mengenai hukum kekekalan energi
B. TUGAS TERSTRUKTUR (80 Menit)
o Diskusi kelompok untuk menyimpulkan sistem dan lingkungan.
o Diskusi reaksi eksoterm dan endoterm.
o Menyimpulkan hasil diskusi
C. TUGAS MANDIRI
o Mengerjakan soal latihan dari buku tugas mandiri 5 (Hal 62)
Pertemuan ke 9 :
A. TATAP MUKA (15 Menit )
o Memberikan penjelasan prosedur percobaan
B. TUGAS TERSTRUKTUR (75 Menit)
o Menyiapkan alat dan bahan
o Melakukan percobaan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm.
o Menyimpulkan hasil percobaan
C. TUGAS MANDIRI
o Mengerjakan soal latihan dari buku tugas mandiri 4 (Hal 58)
V. Alat / Bahan / Sumber :
o Peralatan laboratorium
o Buku kimia
VI. Penilaian
o Jenis Tagihan : tugas kelompok
o Bentuk instrumen : Performans (sikap dan kinerja)
o Laporan tertulis
Mengetahui Purwokerto
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Kimia



Dra. Sri Supriyanti, M.Pd. Agus Hardiyanto
NIP. 130899211 NIP. 131906987
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Program / Semester : XI / IPA / 1
Pertemuan :
Alokasi waktu : 2 x 45 menit.
Standart Kompetensi : 1. Memahami struktur atom untuk meramalkan sifat – sifat periodik unsur, struktur atom dan sifat – sifat senyawa.
Kompetensi Dasar : 1.3.Menjelaskan interaksi antar molekul (gaya antar molekul) dengan sifatnya.
Indikator :
Menjelaskan perbedaan sifat fisik (titik didih, titik beku) berdasarkan perbedaan gaya antar molekul ( gaya Van der Waals, gaya london dan ikatan hidrogen)

I. Tujuan Pembelajaran
o Dapat menjelaskan gaya antar molekul.
o Dapat menjelaskan pengaruh gaya antar molekul terhadap sifat fisik zat.
II. Materi Pembelajaran
o Gaya antar molekul terdiri dari :
- gaya Van der Waals
- gaya london
- ikatan hidrogen
III. Metode Pembelajaran
o Diskusi Informasi
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
A. TATAP MUKA (7 Menit )
o Apresiasi ikatan kimia dan wujud zat
B. TUGAS TERSTRUKTUR (83 Menit)
o Diskusi hubungan antara fase zat dengan gaya antar molekul.
o Diskusi hubungan sifat fisik dengan gaya antar molekul
o Menyimpulkan hasil diskusi
C. TUGAS MANDIRI
o Mengerjakan soal latihan dari buku tugas mandiri 3 (Hal 33)


V. Alat / Bahan / Sumber :
o Buku kimia
VI. Penilaian
o Jenis Tagihan : tugas individu


Mengetahui Purwokerto
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Kimia



Dra. Sri Supriyanti, M.Pd. Agus Hardiyanto
NIP. 130899211 NIP. 131906987











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Program / Semester : XI / IPA / 1
Pertemuan :
Alokasi waktu : 12 x 45 menit.
Standart Kompetensi : 2.Memahami perubahan energi dalam reaksi kimia dan cara pengukurannya.
Kompetensi Dasar : 2.2.Menentukan ΔH reaksi berdasarkan percobaan, hukum hess, data perubahan entalpi pembentukan standar dan data energi ikatan.
Indikator :
Pertemuan ke – 1 :
- Menjelaskan macam – macam perubahan entalpi
Pertemuan ke – 2 :
- Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan ΔH reaksi dengan kalorimeter sederhana.
Pertemuan ke – 3 :
- Menghitung ΔH reaksi berdasarkan data hasil percobaan
Pertemuan ke – 4 :
- Menghitung ΔH reaksi berdasarkan hukum hess
Pertemuan ke – 5 :
- Menghitung ΔH reaksi berdasarkan ΔH
Pertemuan ke – 6 :
- Menghitung ΔH reaksi berdasarkan data energi ikatan.

I. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan ke – 1 :
- Mendeskripsikan macam – macam perubahan entalpi (ΔH , ΔH , ΔH )
Pertemuan ke – 2 :
- Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan ΔH reaksi dengan kalorimeter sederhana.
Pertemuan ke – 3 :
- Menentukan ΔH reaksi berdasarkan data hasil percobaan
Pertemuan ke – 4 :
- Menentukan ΔH reaksi berdasarkan hukum hess
Pertemuan ke – 5 :
- Menentukan ΔH reaksi berdasarkan ΔH
Pertemuan ke – 6 :
- Menentukan ΔH reaksi berdasarkan data energi ikatan.
II. Materi Pembelajaran
- Penentuan ΔH reaksi : ΔH , ΔH , ΔH
- Kalorimeter sederhana.
- ΔH reaksi berdasarkan data hasil percobaan
- ΔH reaksi berdasarkan hukum hess
- ΔH reaksi berdasarkan ΔH
- ΔH reaksi berdasarkan data energi ikatan.
-
III. Metode Pembelajaran
o Diskusi Informasi
o Praktikum
o Kuis

IV. Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan ke – 1 :
A. TATAP MUKA (10 Menit )
o Motivasi
o Apersepsi
B. TUGAS TERSTRUKTUR (80 Menit)
o Mengkaji macam – macam perubahan entalpi.
C. TUGAS MANDIRI
o Pemberian tugas tentang macam – macam perubahan entalpi

Pertemuan ke – 2 :
A. TATAP MUKA (10 Menit )
o Membagi siswa menjadi beberapa kelompok
B. TUGAS TERSTRUKTUR (80 Menit)
o Melakukan praktikum.
C. TUGAS MANDIRI
o Membuat laporan hasil praktikum.
Pertemuan ke – 3 :
A. TATAP MUKA (10 Menit )
o Diskusi data hasil percobaan sebelumnya
B. TUGAS TERSTRUKTUR (80 Menit)
o Percobaan menghitung perubahan entalpi berdasarkan percobaan.
o Menyimpulkan data percobaan.
C. TUGAS MANDIRI
o Membuat laporan hasil praktikum.
Pertemuan ke – 4, 5 dan 6 :
A. TATAP MUKA (3 x 10 Menit )
o Pre test tentang macam – macam perubahan entalpi
B. TUGAS TERSTUKTUR
o Menghitung ΔH reaksi berdasarkan hukum Hess
o Menghitung ΔH reaksi berdasarkan ΔH
o Menghitung ΔH reaksi berdasarkan energi ikatan

C. TUGAS MANDIRI
o Pos test mengenai perubahan entalpi


V. Alat / Bahan / Sumber :
o Buku kimia
o LKS
o Alat dan bahan praktikum
VI. Penilaian
o Jenis Tagihan : tugas individu
Laporan hasil percobaan

Mengetahui Purwokerto
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Kimia



Dra. Sri Supriyanti, M.Pd. Agus Hardiyanto
NIP. 130899211 NIP. 131906987












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Program / Semester : XI / IPA / 1
Pertemuan :
Alokasi waktu : 4 x 45 menit.
Standart Kompetensi : 3. Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia dan faktor – faktor yang mempengaruhinya serta penerapannya dalam kehidupan sehari – hari dan industri.
Kompetensi Dasar : 3.1. Mendeskripsikan pengertian laju reaksi dengan melakukan percobaan tentang faktor – faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

Indikator :
o Menghitung konsentrasi larutan ( Molaritas)
o Menjelaskan pengertian laju reaksi
o Menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi laju reaksi dengan percobaan
o Menafsirkan grafik dan data percobaan tentang faktor – faktor yang mempengaruhi laju reaksi
o
Tujuan Pembelajaran
o Menghitung konsentrasi larutan ( Molaritas)
o Menjelaskan pengertian laju reaksi
o Menganalisis faktor – faktor yang mempenngaruhi laju reaksi

I. Materi Pembelajaran
- Konsentrasi larutan ( Molaritas)
- Pengenceran larutan
- Definisi laju reaksi
- Faktor – faktor yang mempengaruhi laju reaksi

II. Metode Pembelajaran
o Diskusi Informasi
o Demontrasi
o Eksperimen

III. Langkah – langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1:
A. TATAP MUKA (10 Menit )
- Apresiasi pengertian larutan dan massa molar
- Melakukan demontrasi pembuatan larutan dengan konsentrasi tertentu

B. TUGAS TERSTRUKTUR (80 Menit)
- Mendiskusikan dan menyimpulkan hasil demontrasi

C. TUGAS MANDIRI
- Membuat laporan hasil diskusi

Pertemuan ke 2 :
A. TATAP MUKA (10 Menit )
- Pembagian kelompok praktikum

B. TUGAS TERSTRUKTUR (80 Menit)
- Melakukan eksperimen tentang faktor – faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
- Mendiskusikan dan menyimpulkan hasil eksperimen.

C. TUGAS MANDIRI
- Membuat Laporan hasil percobaan
- Mengerjakan soal latihan dari buku tugas mandiri 7 (Hal 103)
IV. Alat / Bahan / Sumber :
o Buku kimia
o Alat dan bahan (terlampir)
o
V. Penilaian
o Jenis Tagihan : tugas individu
Laporan hasil praktikum

Mengetahui Purwokerto
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Kimia



Dra. Sri Supriyanti, M.Pd. Agus Hardiyanto
NIP. 130899211 NIP. 131906987












































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Program / Semester : XI / IPA / 1
Pertemuan :
Alokasi waktu : 10 x 45 menit.
Standart Kompetensi : 3. Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia dan faktor yang mempengaruhinya serta penerapannya dalam kehidupan sehari – hari dan industri.
Kompetensi Dasar : 3.2. Memahami teori tumbukan untukmenjelaskan faktor – faktor penentu laju dan arah reaksi serta terapannya dalam kehidupan sehari - hari.

Indikator :
o Menjelaskan pengaruh konsentrasi, luas permukaan dan suhu terhadap laju reaksi berdasarkan teori tumbukan
o Membedakan diagram energi aktifasi dari reaksi dengan menggunakan katalis dan tidak menggunakan katalis.
o Menjelaskan pengertian peranan katalis dan energi aktifasi dengan menggunakan diagram.
o Menentukan orde reaksi berdasarkan data percobaan
o Menentukan persamaan laju reaksi
o Menentukan harga tetapan laju reaksi (k)
o Menjelaskan peranan katalis dalam makhluk hidup dan industri

I. Tujuan Pembelajaran
o Dapat menjelaskan pengaruh konsentrasi, luas permukaan dan suhu terhadap laju reaksi berdasarkan teori tumbukan
o Dapat membedakan diagram energi aktifasi dari reaksi dengan menggunakan katalis dan tidak menggunakan katalis.
o Dapat menjelaskan pengertian peranan katalis dan energi aktifasi dengan menggunakan diagram.
o Dapat menentukan orde reaksi berdasarkan data percobaan
o Dapat menentukan persamaan laju reaksi
o Dapat menentukan harga tetapan laju reaksi (k)
o Dapat menjelaskan peranan katalis dalam makhluk hidup dan industri

II. Materi Pembelajaran
o Teori tumbukan
o Pengaruh katalisator

III. Metode Pembelajaran
o Diskusi kelompok

IV. Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1 :
A. TATAP MUKA (10 Menit )
o Apresiasi faktor – faktor yang mempengaruhi laju reaksi

B. TUGAS TERSTRUKTUR (80 Menit)
o Diskusi kelompok mengenai teori tumbukan dan katalisator
o Menyimpulkan hasil diskusi

C. TUGAS MANDIRI
- Mengerjakan soal latihan dari buku tugas mandiri 8 (Hal 123-125)

Pertemuan ke 2 s/d 4 :
A. TATAP MUKA (30 Menit )
o Pre test pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi (10’)
o Menyajikan data hasil percobaan (20’)


B. TUGAS TERSTRUKTUR (80 Menit)
o Menganalisis data hasil percobaan (80’)
o Mendeskripsikan pengertian orde reaksi (160’)

C. TUGAS MANDIRI
o Pemberian tugas mengenai persamaan laju reaksi dan orde reaksi.

Pertemuan ke 5 :
A. TATAP MUKA (10 Menit )
o Pre test pengaruh katalis terhadap laju reaksi

B. TUGAS TERSTUKTUR (80 Menit)
o Diskusi kelompok tentang peranan katalis dalam makhluk hidup dan industri
o Menyimpulkan hasil diskusi

C. TUGAS MANDIRI
- Menuliskan jenis-jenis katalis dalam stubuh manusia dan menjelaskan peranannya.

V. Alat / Bahan / Sumber :
o Buku kimia
VI. Penilaian
o Jenis Tagihan : tugas individu
o Performans ( kinerja dan sikap )

Mengetahui Purwokerto
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Kimia



Dra. Sri Supriyanti, M.Pd. Agus Hardiyanto
NIP. 130899211 NIP. 131906987


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Program / Semester : XI / IPA / 1
Pertemuan :
Alokasi waktu : 4 x 45 menit.
Standart Kompetensi : 3. Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia dan faktor yang mempengaruhinya serta penerapannya dalam kehidupan sehari – hari dan industri.
Kompetensi Dasar : 3.3.Menjelaskan kesetimbangan dan faktor – faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan dengan melakukan percobaan.
Indikator :
o Menjelaskan kesetimbangan dinamis
o Menjelaskan kesetimbangan homogen dan heterogen
o Menentukan rumusan tetapan kesetimbangan
o Meramalkan arah pergerseran kesetimbangan dengan menggunakan asas Le Chatelier
o Menganalisis pengaruh perubahan suhu, konsentrasi, tekanan, dan volume pada pergeseran kesetimbangan melalui percobaan
Tujuan Pembelajaran
o Dapat menjelaskan kesetimbangan dinamis
o Dapat menjelaskan kesetimbangan homogen dan heterogen
o Dapat menentukan rumusan tetapan kesetimbangan
o Dapat meramalkan arah pergerseran kesetimbangan dengan menggunakan asas Le Chatelier
o Dapat menganalisis pengaruh perubahan suhu, konsentrasi, tekanan, dan volume pada pergeseran kesetimbangan melalui percobaan
I. Materi Pembelajaran
o Kesetimbangan dinamis
o Faktor – faktor yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan
II. Metode Pembelajaran
o Diskusi kelompok
o Tanya jawab
o Eksperimen
III. Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 :
A. TATAP MUKA (10 Menit )
Motivasi dan Apersepsi
B. TUGAS TERSTUKTUR (80 Menit)
o Diskusi kelompok mengenai kesetimbangan dinamis
o Diskusi kelompok mengenai kesetimbangan homogen dan heterogen
o Membuat rumusan Kc dari reaksi kesetimbangan
o Menjelaskan berlakunya asas Le Chatelier
C. TUGAS MANDIRI
o Menyimpulkan hasil diskusi
Pertemuan 2 :
A. TATAP MUKA (10 Menit )
o Penjelasan dalam penggunaan dan Mempersiapkan alat dan bahan praktikum
B. TUGAS TERSTUKTUR (80 Menit)
o Eksperimen tentang pergeseran kesetimbangan
C. TUGAS MANDIRI
o Membuat laporan percobaan
IV. Alat / Bahan / Sumber :
o Buku kimia
o LKS
o Alat dan bahan percobaan
V. Penilaian
o Jenis Tagihan : tugas individu
o Performans ( kinerja dan sikap )
Mengetahui Purwokerto
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Kimia


Dra. Sri Supriyanti, M.Pd. Agus Hardiyanto
NIP. 130899211 NIP. 131906987
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Program / Semester : XI / IPA / 1
Pertemuan :
Alokasi waktu : 12 x 45 menit.( 2 JP = UH)
Standart Kompetensi : 3. Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia dan faktor yang mempengaruhinya serta penerapannya dalam kehidupan sehari – hari dan industri.
Kompetensi Dasar : 3.4.Menentukan hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi kesetimbangan.
Indikator :
o Menafsirkan data percobaan mengenai konsentrasi pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang untuk menentukan derajat disosiasi dan tetapan kesetimbangan
o Menghitung harga Kc berdasarkan konsentrasi zat dalam kesetimbangan
o Menghitung harga Kp berdasarkan tekanan parsial gas pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang.
o Menghitung harga Kc berdasarkan harga Kp atau sebaliknya
I. Tujuan Pembelajaran
o Dapat menafsirkan data percobaan mengenai konsentrasi pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang untuk menentukan derajat disosiasi dan tetapan kesetimbangan
o Dapat menghitung harga Kc berdasarkan konsentrasi zat dalam kesetimbangan
o Dapat menghitung harga Kp berdasarkan tekanan parsial gas pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang.
o Dapat menghitung harga Kc berdasarkan harga Kp atau sebaliknya
II. Materi Pembelajaran
o Hubungan kuantitatif antara pereaksi dan hasil reaksi dari reaksi kesetimbangan
III. Metode Pembelajaran
o Diskusi kelompok
o Tanya jawab
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 dan 2 :
A. TATAP MUKA (10 Menit )
Motivasi dan Apersepsi
B. TUGAS TERSTUKTUR (80 Menit)
o Diskusi kelompok mengenai konsentrasi pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang untuk menentukan derajat disosiasi dan tetapan kesetimbangan
o Menyimpulkan hasil diskusi
C. TUGAS MANDIRI
o Mengerjakan soal latihan dari buku tugas mandiri 11 (Hal 154-155)
Pertemuan 3 ,4 dan 5 :
A. TATAP MUKA (10 Menit )
o Motivasi dan Apersepsi
B. TUGAS TERSTUKTUR (80 Menit)
o menghitung harga Kp berdasarkan tekanan parsial gas pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang
o menghitung harga Kc berdasarkan konsentrasi zat dalam kesetimbangan
o Dapat menghitung harga Kp berdasarkan tekanan parsial gas pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang C. TUGAS MANDIRI
C. TUGAS MANDIRI

V. Alat / Bahan / Sumber :
o Buku kimia dan LKS
VI. Penilaian
o Jenis Tagihan : tugas individu, Ulangan Harian

Mengetahui Purwokerto
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Kimia



Dra. Sri Supriyanti, M.Pd. Agus Hardiyanto
NIP. 130899211 NIP. 131906987

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Program / Semester : XI / IPA / 1
Pertemuan :
Alokasi waktu : 4 x 45 menit.
Standart Kompetensi : 3. Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia dan faktor yang mempengaruhinya serta penerapannya dalam kehidupan sehari – hari dan industri.
Kompetensi Dasar : 3.5. Menjelaskan penerapan prinsip kesetimbangan dalam kehidupan sehari – hari dan industri
Indikator :
o Menjelaskan kondisi optimum untuk memproduksi bahan – bahan kimia di industri yang didasarkan pada reaksi kesetimbangan

I. Tujuan Pembelajaran
o Dapat Menjelaskan kondisi optimum untuk memproduksi bahan – bahan kimia di industri yang didasarkan pada reaksi kesetimbangan

II. Materi Pembelajaran
o Proses Haber Bosch dan proses kontak

III. Metode Pembelajaran
o Diskusi kelompok
o Tanya jawab
IV. Langkah – langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 :
A. TATAP MUKA (10 Menit )
Pre test faktor – faktor yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan
B. TUGAS TERSTUKTUR (80 Menit)
o Diskusi kelompok mengenai kondisi optimum untuk memproduksi bahan – bahan kimia di industri berdasarkan pada reaksi kesetimbangan
o Menyimpulkan hasil diskusi
C. TUGAS MANDIRI
o Membuat laporan hasil diskusi

V. Alat / Bahan / Sumber :
o Buku kimia
o LKS

VI. Penilaian
o Jenis Tagihan : tugas individu
Ulangan Harian


Mengetahui Purwokerto
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Kimia


Dra. Sri Supriyanti, M.Pd. Agus Hardiyanto
NIP. 130899211 NIP. 131906987