24 Oktober, 2010

Jenis-jenis Batuan

BATUAN
Batuan trsusun dr bingkahan keras 1jenis mineral/lebih. Batu terjadi secara alamiah & mmbentuk lapisan kulit bumi. Tanah adlh batuan dlm bntuk bubuk yg tercampur dg bahan2 organic dr tumbuhan & binatang. Para ahli geologi menggolongkan batuan dlm 3 kelompok penting yaitu 1. batu beku, 2. batu endapan, 3. dan batu metamorfis.Mnurut cara bauan itu terbentuk. Jenis batuan yg brbeda trdiri dr mineral yg brlainan pula.

Spoiler for GAMBAR:

BATU BEKU
Batu beku adlh salah satu dr 3 golongan utama batuan. 2 golongan batuan yg lainnya adlh batuan endapan & batuan metamorfik.Batuan beku terbentuk dua cara.air yang disebut magma lambat laun dapat mengeras di dlm bumi lalu mnjadi batuan beku seperti granit.Magma dpt jg muncul kEpermukaan bumi. Ini disebut lava atau lahar, yg cepat mengeras mnjdi batuan beku sprt basal. Hal ini trjadi bila gunung berapi meletus.Batuan beku tergolong batu tertua, terkuat, & terkeras di bumi ini. Granit adLh jenis batuan beku yg umum trdapat. Ada gunung yg seluruhnya terdiri dr granit saja. Susunan granit keras & kasar, sehingga sngt baik untk bahan bangunan.Obsidian, basal, dan batu apung adlh batuan beku yg berasal dr lava. Obisidian adlh batu keras, licin, & mengkilat.Kelihatannya seperti kaca hitam. Basal berwarna kelabu tua sampai hitam.Batu apung banyak berlubang & rupanya seperti batu karang. Batu apung digiling mnjdi tepung untuk bahan pembersih & penggosok.
Spoiler for GAMBAR:

BATUAN ENDAPAN
Batu endapan adalah salah satu dari tiga golongan utama batuan. Kebanyakan batuan endapan terbentuk berlapis2. batuan endapan menutupi sekitar ¾ bagian permukaan bumi.
Batuan endapan terdiri dr kepingan2 kecil batuan yg lebih tua seperti batu pasir & serpih, batuan endapan terbentuk sekitar glister, es, air, & gaya berat mengikis serta memindahkan butiran & pecahan batuan lain. Dlm jangka waktu yg lama terbentuklah lapisan2 batuan endapan.Batuan endapan terjadi juga bila Lumpur, tanah liat, atau pasir terkumpul sebagai lapisan endapan pd dasar sungai dan laut. Bila bahan ini mengeras, akan terjadi batuan endapan yg sering terjadi bila kerangka binatang laut tdk bertulang belakang bertumpuk pd dasar lautan dan dibawah tekanan mengeras menjadi batuan.
Spoiler for GAMBAR:

BATUAN METAMORFIS
Batuan metamorfis adlh batuan yg mengalami prubahan akibat panas & tekanan yg luar biasa. Perubahan ini biasanya berlangsung dlm kerak bumi. Bila suatu benda mengalami proses metamorphose, bentuk & rupanya akan berubah, unsur2 dlm batuan bias tersusun kembali atau rupa batuan itu berubah. Kadang2 bentuk permukaan batuan itu berubah pula.“Pualam, batu sabak, dan serpentin adalah contoh2 batuan metamorfis. Batu bara keras, yang disebut anarsit, terbentuk dari batu bara lunak yang mengalami tekanan kuat sekali.
Spoiler for GAMBAR:


BATU AKIK
Batu akik adlh sejenis batuan yg berwarna indah & cemerlang. Batuan ini terbentuk dr bahan galian yg disebut kuarsa. Bnyak lg batu permata yg berasal dr kuarsa seperti batu Nilam dan onyx.Akik terbentuk dlm lubang/retakan batuan yg sebesar kacang polong.Namun ada jg Akik yg lebarnya lebih dari 61cm, biasanya akik terdiri dr gelang2 beraneka ragam.Akik dipakai untuk mmbuat kelereng mainan anak2. kini penggunaan akik yg terutama adlh untuk membuat berbagai benda, misalnya dasar lampu.
Spoiler for GAMBAR:

BARANG PERHIASAN
Barang perhiasan adlh benda hias yg dibuat untuk dipakai pd tubuh seseorang. Perhiasan dpt berupa gelang, kalung, anting, cincin, peniti/hasan untuk rambut.Barang perhiasan dpt dibuat dr berbagai bahan. PD zaman purbakala perhiasan dibuat dr benda biasa seperti biji, kulit kerang, & gigi hewan.Stelah ditemukan emas, perak, dan batu permata, orang mulai memakai bahan2 berharga ini untuk membuat perhiasan. Orang mesir memakai emas, batu virus, & batu permata lain untuk perhiasan mereka. Kini barang perhiasan dibuat dr logam mulia & batu permata atau bahan2 kurang berharga.
Spoiler for GAMBAR:

BATU BAIDURI
Baiduri adlh mineral yg terbentuk dari silica.Baiduri murni paling berharga untuk digunakan sebagai batu permata. Bila baiduri diarahkan ke sumber cahaya, akan tamak kilatan cahaya berwarna terang. Yg paling berharga ialah yg berwarna merah, biru, atau hijau.Baiduri murni ditemukan di Australa, Cekoslowakia, Meksiko, Honduras,& Amerika Serikat. Baiduri yg tdk menampakan kilatan cahaya pelangi disebut Baiduri biasa. Baiduri biasa warnanya coklat, putih, dan kuning. Baiduri api cahaya, berwarna Orange, & kadangkala tidak memperlihatkan warna Lain.Pernah Baiduri dianggap membawa nasib buruk krna dpt retak dengan tiba2. memang baiduri akan retak pd iklim kering, saat kehilangan sebagian air yg dikandungnya. Baiduri ditemukan di celah & lubang2 pd batuan. Sering ditemukan dlm bentuk beku yg terbentuk oleh gunung berapi yg aktif. Ada Orang yg telah menemukan baiduri dlm ukuran besar. Pada tahun 1970 di Australia ditemukan baiduri besar yg beratnya lebih dari 6.843 gram. Baiduri ini di belah dua dan dijual seharga lebih dari $1juta.“ BAIDURI ADALAH BATU KELAHIRAN BAGI MEREKA YANG LAHIR BULAN OKTOBER”
Spoiler for GAMBAR:

BATU GIOK
Battu giok adlh batu berharga yg keras & warnanya sangat indah. Bahan ini dibuat barang perhiasan/diukir menjadi barang seni. Giok sebenarnya terdiri dari dua jenis mineral-jadeit dan nefrit. Batu ini biasanya berwarna hijau jamrud atau putih dan lebih keras daripada nefrit. Jadeit yg hijau jamrud lebih disukai untuk perhiasan & benda ukiran. Jadeit kebanyakan berasal dari Burma.Nefrit biasanya berwarna hijau, putih, atau kuning. Bahan ini ditemukan di Selandia Baru. Namun dijumpai juga du Alaska, Wyoming, dan Meksiko. Orang Indian Aztek dari Meksiko menyangka Nefrit yg mereka temukan lebih bernilai dari emas. Orang Maori, penduduk asli Selandia Baru, mengukir bentuk2 aneh pada batu nefrit.Selama lebih dari 3000 tahun, orang cina membuat ukiran & perhiasan dari batu Giok. Orang cina mula2 menemukan befrit di Asia Tengah. Sejak 1700-an mereka mengolah giok dari Burma. Batu giok sangat keras sehingga sukar diukir & sebuah ukiran baru selesai dikerjakan selama bertahun2.
Spoiler for GAMBAR:

BATU GRANAT
Batu granat adlh sejenis batu permata. Batu granat yang paling terkenal warnanya merah darah, namun, ada juga yang berwarna cokelat, kuning putih, hijau, dan hitam.
Seperti intan, batu granat pun bening dan tmbus cahaya. Namun batu ini tidaklah sejarang batu permata lain. Seperti intan dan batu delima.
ZOleh karena itu batu granat dinamakan batuan setengah berharga.
Batu granat adalah bahan galian dan ditemukan dalam batuan diseluruh dunia. Tambang batu granat terbesar didunia terdapat di pegunungan Gore, New york.
Dahulu kala orang memakai kalung dari batu Granat untuk mengusir roh jahat. Batu granat warna merah darah dianggap dapat melindungi seseorang dari terluka dalam pertempuran. Sekarang batu granat dipakai pada mecem2 perhiasan dan dalam pembuatan arloji. Batu granat juga dipakai untuk membuat kertas granat, yaitu semacam amplas yang dipakai melicinkan permukaan benda2 kasar.
Spoiler for GAMBAR:


BATU NILAM
Nilam adalah batu permata. Batu2 nilam merupakan jenis korundum, yaitu mineral yang sangat keras, yang terutama terdiri dari oksida alumunium. Batu nilam hanya dapat digores oleh intan, permata yang terkeras. Mirah delima pun salah satu jenis korundum.
Batu nilam berwarna biru, hijau, merah muda, putih, kuning, atau keemas2an. Biasanya yang disebut nilam adalah warna biru. Warnanya berkisar dari biru muda hingga biru tua. Nilam yang berwarna lain disebut nilam kuning, nilam ungu, dan sebagainya.
Nilam bintang tidak tembus cahaya, warnanya biru dan mempunyai enam berkas sinar yang memantulkan cahaya dengan gambaran bintang.
Nilam biru dan nilam bintang adalah batu nilam yang paling berharga. Yang paling indah berasal dari Kashmir, India. Warnanya disebut biru Kashmir.
Selain untuk barang perhiasan, batu nilam dipakai juga pada industri untuk berbagai keperluan.
Misalnya, dalam alat2 optik dan listrik. Para ahli berhasil membuat batu nilam tiruan. Tetapi mereka tidak dapat meniru nilam Kashmir yang indah sekali.
Spoiler for GAMBAR:


BATU PIRUS
Batu pirus adalah permata yang buram. Batuan ini banyak terdapat di bagian barat daya Amerika Serikat, Meksiko, dan Timur Tengah. Pirus ditemukan dalam bongkah2 kasar, yaitu kerak atau lapisan2 pecahan batuan. Warnanya bermacam2, dari abu2 kehijau2an hingga biru terang, campuran tembaga membuatnya biru, sedangkan besi memberinya warna kehijau2an. Batu pirus yang berwarna biru terang banyak berpori dan bila kena panas senar matahari atau kena debu, sering berubah jadi hijau.
Spoiler for GAMBAR:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk kebaikan blog ini komentar anda aku tunggu