22 Oktober, 2009

Tips Merawat Notebook/Laptop :

Tips Merawat Notebook/Laptop :

1. Jika kita tidak pake UPS, lebih baik baterai laptop tidak dilepas.
Notebook lebih rentan terhadap loncatan arus yang tiba-tiba seperti bila terjadi konsleting, mati listrik mendadak dll dibandingkan dengan komputer desktop. Umumnya banyak kasus kerusakan motherboard karena hal ini, dengan kondisi laptop layarnya ngeblank, mati total dll, klo masih rusak juga sebaiknya Service Notebook dan Service Laptop.


2. Pastikan arus masuk dari kabel adaptor ke notebook, setelah kabel power

(yang ke listrik AC) tersambung terlebih dulu

SKEMA : kabel power adaptor masuk dulu ke listrik AC, baru ke laptop
Kelihatannya sepele, namun kerusakan seperti pada point 1 juga bisa terjadi karena hal ini. Umumnya pada saat kita masukan kabel power ke listrik dirumah, kita tidak memperhatikan munculnya percikan api, sementara kabel adaptor sudah disambungkan ke laptop, hal inilah yang kadang memicu timbulnya, kerusakan motherboard. Dibeberapa merek ada yang mengakibatkan laptop terus me-restart padahal sudah di shutdown (jika batere terpasang), atau meminta password factory default (beberapa kasus terjadi di merk toshiba, biaya reset password saja hingga 500 ribu!!, nah sebaiknya anda Service Notebook dan Service Laptop ) dll.

3. Hati-hati terhadap cara pemakaian baterai notebook/laptop

Jangan serem dulu !!…hanya sekedar berhati-hati karena harga baterai original, lumayan mahal (+ Rp 1 jt – 1,5 jt). Baterai notebook terbuat dari Lithium Ion , dimana penggunaannya tidak boleh sampai habis sekali dan tidak boleh over, charge (bisa mengakibatkan cepat ngedrop selain dapat mengakibatkan laptop, jadi overheat, sebaiknya cek Service Notebook Laptop dan Service Notebook Jakarta). Baiknya baterai di-charge jika mendekati 10%-20% dan bila sudah, penuh cabut saja kabel, adaptor yang terhubung ke notebook.

4. Jangan simpan laptop diatas kasur atau bantal

Jaga kelancaran sirklulasi udara pada notebook/laptop, lihat bagian bawah, notebook anda. umumnya pada merek yang beredar, kipas selalu ditempatkan, di bagian bawah. Jadi bisa dibayangkan jika notebook disimpan diatas kasur atau bantal, akan menghalangi sirkulasi udara masuk dan keluar guna mendinginkan suhu laptop, hal ini dapat berakibat fatal (*serius!), notebook jadi overheat yg mengakibatkan motherboard + processornya bisa terbakar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Untuk kebaikan blog ini komentar anda aku tunggu