12 November, 2009

Ilmuwan Israel Menang Nobel Kimia

Warga AS Venkatraman Ramakrishnan dan Thomas Steitz serta warga Israel Ada Yonath memenangkan hadiah Nobel 2009 di bidang kimia. Mereka berjasa dalam pemetaan ribosom yang merupakan pabrik protein dalam sel pada tingkatan atom.
Royal Swedish Academy of Science mengatakan pekerjaan mereka sangat penting bagi pemahaman ilmiah mengenai kehidupan dan telah membantu para peneliti mengembangkan obat antibiotik untuk berbagai penyakit.
Yonath merupakan perempuan keempat yang memenangkan hadiah Nobel kimia dan yang pertama sejak tahun 1964, ketika Dorothy Hodgkin Crowfoot dari Inggris menerima hadiah itu.
Tahun ini ketiga pemenang telah membuat model tiga dimensi yang menunjukkan bagaimana antibiotik berbeda berikatan ke ribosom.
"Model-model ini sekarang digunakan oleh para ilmuwan untuk mengembangkan antibiotik baru, secara langsung membantu menyelamatkan nyawa dan mengurangi penderitaan manusia," kata akademi itu dalam pengumumannya.
"Ketiganya telah menggunakan metode yang disebut kristalografi sinar-X untuk memetakan posisi masing-masing dari ratusan ribu atom yang membentuk ribosom," kata akademi itu.
Alfred Nobel, seorang industrialis Swedia yang menemukan dinamit, mendirikan Hadiah Nobel dalam wasiatnya pada 1895. Penghargaan pertama dibagikan enam tahun kemudian.
Setiap pemenang mendapat 10 juta kronor (US$ 1,4 juta), sertifikat, medali emas dan undangan untuk upacara penghargaan di Stockholm pada tanggal 10 Desember. Hadiah perdamaian diserahkan di Oslo

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Untuk kebaikan blog ini komentar anda aku tunggu