27 April, 2010

Kentut.... , Misteri Alam Yang Jarang Diketahui

Seingkali sungguh sangat
mengharukan saat kita mendapati fakta bahwa kentut lebih menarik perhatian dan empathy dibandingkan dengan linangan air mata saat kita bersedih atau senyuman sumringah saaat kita tertawa dan gembira. Coba saja kalau kita kentut dengan suara yang kecil dan bau yang luar biasa menyengat, pasti semua mata akan menoleh ke arah kita dan mengeluarkan mimik mukanya masing-masing yang pasti sudah bisa kita tebak. So, kali ini mari kita sedikit serius untuk mengulas kentut secara lebih mendalam dan ilmiah supaya kita tidak salah kaprah menanggapinya. Kentut sering dijauhi, sering dihina-hina, bahkan sering dianggap sebagai anak haram karena kadang kita nggak tahu siapa yang melahirkannya ke dunia ini, mari kita melihat sejarah dan masa lalu kentut ini.

Dari mana asal kentut ? Dari gas yang berada di dalam usus. Gas dalam usus berasal dari udara yang kita telan, yang menerobos masuk ke dalam usus dan darah, das dari reaksi kimia dan gas dari bakteri dalam perut.
Apa dan bagaimana komposisi kentut itu sendiri ? Bervariasi, sangat bervariasi. Semakin banyak udara yang kita telan, berarti akan semakin banyak kadar nitrogen yang berada dalam kentut itu sendiri. Oksigen dari udara terabsorbsi oleh tubuh sebelum sampai di usus. Adanya bakteri serta reaksi kimia antara asam perut & cairan usus menghasilkan karbondioksida. Bakteri juga menghasilkan metana dan hidrogen. Proporsi gas yang ada tergantung dengan jenis makanan yang kita telan. Berapa banyak udara yang tertelan, berapa lama kita menahan kentut atau jenis bakteri itu sendiri yang ada di dalam usus. Makin lama kita menahan kentut, semakin besar tingkat nitrigennya, karena gas-gas lain yang tadinya ada terabsorbsi oleh dinding-dinding usus. Sedangkan orang yang makan dengan tergesa-gesa kadar oksigennya akan lebih banyak karena usus tidak sempat mengabsorbsi oksigen yang lewat yang terbuang lewat kentut itu.
Mengapa kentut baunya busuk ? Hahaha, pakai acara nanya lagi nih, bau kentut terjadi karena adanya kandungan hidrogen, sulfida dan merkaptan. Senyawa ini semuanya mengandung sulfur alias belerang. Makin banyak kandungan sulfur di dalam makanan kita, makin banyak pula sulfida dan merkaptan yang ada di dalam perut, sehingga akan makin busuklah bau kentut kita nantinya. Telur dan Daging adalah makanan penyumbang bau kentut busuk yang terbesar. Sedangkan kacang-kacangan berperanan besar dalam meningkatkan volume bunyi kentut bukan meningkatkan bau busuknya.
Lalu mengapa kentut bisa menimbulkan bunyi ? Karena adanya vibrasi lubang anus saat kita kentut. Kerasnya bunyi tergantung sekali dengan kecepatan gas dalam berpacu, dan tentunya besarnya lubang anus anda dong. Semakin besar lubang yang Anda punyai, maka akan semakin kuatlah volume bunyi yang dihasilkan. Hahaha, hayooo, pada ngaku dehhh
Mengapa pula kentut yang baunya super busuk itu selalu hangat dan tidak bersuara ? Nggak kuat nih buat membayangkan ilustrasinya. Salah satu sumber dari kentut adalah bakteri. Fermentasi bakteri dan proses pencernaann memproduksi panas, hasil sampingannya adalah gas busuk tentu saja. Ukuran gelembung gas lebih kecil, hangat dan jenuh dengan produk metabolisme bakteri yang berbau busuk. Ini kemudian menjadi kentut. walau hanya kecil volumenya, tapi benar-benar SBD, yang artinya Silent But Deadly.
Berapa kali sehari orang mengeluarkan kentut ? Rata-rata bila ditotal perharinya adalah sebanyak setengah liter kentut atau setara dengan 14 kali kentut.
Mengapa kentut selalu keluar dari lubang dubur, bukan hidung ? karena tingkat density alias kepadatannya yang masih sangat ringan. Lantas mengapa kentut tidak melakukan perjalanannya ke atas? Oh tentunya tidak demikian kan, karena gerakan peristaltik usus itu selalu mendorong segala isinya ke bawah. Tekanan di anus lebih rendah. Gerakan peristaltik membuat daerah menjadi bertekanan, sehingga memaksa isi usus dan termasuk gas-gas yang ada menuju daerah yang bertekanan rendah, yaitu di sekitar anus. Dalam perjalanannya tersebut, gelembung-gelembung yang kecil bergabung bersatu menjadi gelembung yang besar. Kalau tidak ada gerakan peristaltik, gelelmbung gas akan menerobos ke atas lagi. Tapi jangan membayangkan perjalanannya jauh, karena bentuk usus yang rumit dan berbelit-belit.
Berapa lama waktu yang diperlukan oleh kentut untuk melakukan perjalanan ke hidung orang lain ? Pertanyaan yang sungguh menggelitik. Jawabannya tergantung kondisi udara, seperti kelembaban, suhu, kecepatan dan arah angin itu sendiri. Berat molekul gas kentut dan jarak antara “receiver” dan “transmitter” juga sangat berpengaruh. Begitu meninggalkan sumbernya, gas kentut itu akan meyebar dan berkurang konsentrasinya. Kalau kentut tidak terdeteksi dalam beberapa detik, berarti telah mengalami penguraian dan menghilang ditelan oleh udara selamanya. Kecuali bila kita cukup berani untuk kentut di ruangan sempit seperti lift atau mobil, pastilah konsentrasinya lebih banyak. Sehingga baunya akan tinggal cukup lama hingga akhirnya akan lenyap diserap oleh dinding.
Apakah setiap orang pasti kentut ? Hehehe, kalau orang itu mau hidup dan masih hidup, dia pasti akan kentut. Bahkan sesaat setelah meninggalpun, biasanya akan ada gas kentut yang keluar. Jadi kita tidak perlu malu bila kita sering kentut.
Saat seperti apa biasanya orang akan kentut ? Pagi hari di toilet yang biasa kita sebut sebagai “Morning Thunder”. Kalau resonansi nya bagus, biasanya bisa terdengar ke seluruh penjuru rumah lho.
Mengapa makan kacang-kacangan menyebabkan banyak kentut ? Kacang-kacangan mengandung banyak zat gula yang tidak mampu dicerna oleh tubuh. Raffinose, stachiose, erbascose jika mencapai usus, langsung akan disambut para bakteri untuk dijadikan bahan pesta poranya. Untuk membuat banyak gas dalam volume yang dahsyat. Jagung, paprika, kubis, kembang kol, susu juga penyebab banyaknya kentut, tapi bukan baunya.
Selain makanan, apalagi penyebab kentut ? Udara yang tertelan, makan yang tergesa-gesa, makan tanpa dikunyah, minum softdrink, naik pesawat udara (karena tekanan udara yang lebih rendah, sehingga gas di dalam usus melakukan ekspansi ke ruang kabin pesawat)
Apakah kentut sama dengan sendawa ? Oalaahhh, jelas beda lah. Sendawa munculnya dari perut, komposisi kimianya sangat berbeda dengan kentut. Sendawa mengandung udara yang lebih banyak sedangkan kentut mengandung gas yang diproduksi oleh bakteri dalam jumlah yang banyak
Kemana perginya kentut apabila tidak dikeluarkan atau ditahan ? Jangan berharap dengan menahan kentut maka kentut itu akan hilang. Tidak akan hilang karena bocor atau diabsorbsi oleh usus. Tapi singgah sejenak ke atas di daerah usus dan pada akhirnya akan keluar juga. Penahanan hanya akan menyebabkan sebuah penundaan. Jadi keluarkan saja apabila sudah diujung tanduk.
Mungkinkah kentut itu terbakar ? Mungkin, sangat mungkin karena mengandung gas metana, hidrogen yang combustible. Kalau terbakar nyalanya akan berwarna biru karena kandungan unsur hidrogen.
Bisakah kita menyalakan korek api dengan kentut ? Jangan mengada-ada lah, konsistensinya lain. Suhu nya tidak cukup panas untuk memulai sebuah pembakaran.
Mengapa kentut anjing dan kucing berbau lebih busuk ? Karena mereka karnivora alias pemakan daging. Daging kaya akan protein, protein mengandung banyak sulfur, jadinya lebih bau deh kentutnya. Lain dengan para binatang herbivora yang memiliki kentut lebih nyaring, lebih sering, lebih banyak dan lebih lama tapi tidak menimbulkan bau yang busuk. So, lebih baik memelihara gajah di rumah daripada anjing.
Apakah warna dari kentut itu sebenarnya ? Penting ga sih mau tau warna kentut. Tentunya kentut tidak berwarna, kalau berwarna warni pasti kita akan ketahuan bila kentut.
Kentut, asam, basa atau netral ? Asam, jelas asam karena mengandung karbondioksida (CO2) dan hidrogen sulfida (H2S)
Itu mungkin adalah sekelumit sejarah tentang kentut tentang masa lalunya dan asal usulnya. jadi bagi yang selama ini penasaran tentang kentut, mungkin artikel tanya jawab di atas bisa membantu rasa penasaran kita.
Kadang kita menangis, tak seorangpun menyadari betapa banyak linangan air mata kita. Saat kita berpedih hati tak ada yang mempedulikan kesedihan kita, saat kita berbahagia dan tersenyum lebar, tak ada yang memperhatikan senyum mengembang di bibir kita. Tapi bila kita KENTUT, semua orang akan menoleh ke arah kita. HHhhmmmmm

1 komentar:

  1. MAS,,,,
    boleh copy artikel ne gak.........???
    al'a bagus banget.....

    BalasHapus

Untuk kebaikan blog ini komentar anda aku tunggu