03 November, 2011

Kolesterol



pengertian kolesterol


pengertian kolesterol

Kolesterol atau yang disebut juga dengan lemak tak jenuh merupakan substansi seperti lilin yang warnanya putih, kolesterol secara alami sudah ada dalam tubuh kita. Hati adalah yang memproduksi kolesterol, kolesteorol berfungsi untuk membangun dinding sel dan juga untuk membuat hormon-hormon tertentu.
Sebenarnya tubuh manusia sudah bisa menghasilkan kolesterol sendiri, namun karena manusia mengkonsumsi makan-makanan yang mengandung lemak sehingga menyebabkan seseorang kadar lemak dalam tubuhnya sangat berlebih.
Penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah merupakan penyakit yang disebabkan oleh kadar kolesterol yang berlebihan dalam darah. Hal itu bisa terjadi karena kolesterol yang berlebih akan membentuk bekuan dan plak yang akan menyumbat arteri dan akhirnya memutuskan aliran darah ke jantung yang akan menyebabkan serangan jantung, dan ke otak akan menyebabkan stroke.
Jadi agar terhindar dari serangan jantung sangat disarankan untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh kita. Jika seseorang pernah mengalami serangan jantung atau pembedahan baypass, kadar kolesterolnya harus diperiksa secara rutin. dengan menjaga kolesterol agar tetap wajar merupakan jaminan terbaik untuk terhindar dari penyumbatan pembuluh darah arteri.
Kadar kolesterol sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu
- Kolesterol HDL singkatan dari High-Density Lipoprotein, HDL adalah “kolesterol baik” karena mempunyai kemampuan untuk membersihkan pembuluh darah arteri.
- Kolesterol LDL singkatan dari Low-Density Lipoprotein, LDL adalah “kolesterol jahat” yang membuat endapan dan menyumbat pembuluh darah arteri. Kadar kolesterol HDL di atas 60 berarti sangat baik. Makin tinggi kadar kolesterol HDL, makin rendah resiko untuk mendapat serangan jantung atau stroke. Kadar kolesterol LDL yang baik adalah lebih rendah dari 130, dan semakin rendah, akan semakin baik.
Untuk melakukan pemeriksaan kadar kolesterol paling baik dilakukan setelah berpuasa selama 12 jam. Pemeriksaan darah juga akan mengukur komponen darah seperti trigliserida. Seperti halnya kolesterol, trigliserida merupakan sejenis lemak yang ditermukan di dalam makanan seperti daging, keju, ikan dan kacang-kacangan dan juga dibuat sendiri oleh tubuh.
beberapa gambar di bawah ini merupakan contoh kolesterol yang menyumbat pembuluh darah,
semoga artikel yang membahas tentang pengertian kolesterol di atas bisa bermanfaat untuk kita semua, dan semoga kita dapat menjaga agar kadar kolesterol dalam tubuh kita tidak berlebihan sehiingga bisa terhindar dari penyakit jantung ataupun stroke

Fakta tentang kolesterol

Berikut ini kami tuliskan hal hal unik tentang kolesterol:
  1. Tahukah anda bahwa tubuh kita membuat beberapa kolesterol sendiri, selain dari apa yang kita makan
  2. Kolesterol hanya berasal dari makanan yang bersumber dari produk hewani. Makanan dari tumbuhan (nabati) tidak mengandung kolesterol, kecuali beberapa asam lemak tak jenuh.
  3. Pernakah terbesit dalam pikiran anda bagaimana perjalanan kolesterol dalam darah? Kolesterol tidak dapat melakukan perjalanan dalam darah sendiri. Ini dibawa oleh protein khusus. Kombinasi pembawa kolesterol dan protein disebut “lipoprotein.”
  4. Kolesterol tidak selamanya buruk bagi tubuh, justru ada kolesterol yang baik untuk tubuh! Ya, beberapa orang bertanggapan bahwa kolesterol harus dihindari dan sebagainya,kenyataannya ada kolesterol yang berguna bagi tubuh. Jenis kolesterol tersebut kita kenal sebagai :
    • Low density lipoproteins (LDL, atau kolesterol “buruk”)
    • High density lipoprotein (HDL, atau kolesterol “baik”)
    • trigliserida
    Berikut penjelasan sederhananya : LDL (kolesterol buruk) karena beberapa karakteristik yang dimilikinya dari hati kemudian mengirimkannya ke sel padahal mereka tidak dibutuhkan untuk kesana. Sedangkan HDL membuang kelebihan kolesterol dari darah dan membawanya ke hati. kadar kolesterol total seseorang adalah kombinasi dari LDL dan kolesterol HDL (HDL + LDL).
  5. Tubuh kita memproduksi lebih dari cukup kolesterol sendiri untuk tetap sehat. Tapi pada kenyataannya, kebanyakan orang makan terlalu banyak kolesterol dan lemak, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol darah.
  6. Tingginya kadar kolesterol dapat menyebabkan penyakit jantung. Kolesterol bersama hipertensi adalah 2 faktor resiko penyebab primer.
  7. Bagaimana LDL bisa menyebabkan penyakit stroke? Kelebihan kolesterol LDL dalam darah akan disimpan dalam arteri, pembuluh darah yang memberi “makan” jantung dan otak. Deposito tersebut dapat bergabung dengan zat lain untuk membentuk plak. Bayangkan plak adalah sesuatu yang tebal dan keras di pembuluh darah. plak di arteri dalam ilmu kedokteran disebut aterosklerosis. Atelosklerosis dapat mempersempit lorong di dalam arteri (bayangkan saja selang yang tersumbat) hal ini akan membendung aliran darah, plak tersebut lama kelamaan pecah dan jika plak tersebut pergi ke otak akan menyebabkan stroke.
  8. Wanita memproduksi kolesterol baik lebih tinggi daripada pria.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Untuk kebaikan blog ini komentar anda aku tunggu