RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
LARUTAN
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : X / 1
Standar Kompetensi : 4. Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran dan terapannya.
Kompetensi dasar : 4.1 Mendeskripsikan teori-teori asam basa dan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.
I. Indikator:
Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius.
2. Mengidentifikasi sifat larutan asam dan basa dengan berbagai indikator.
3. Memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang idak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai indikator asam dan basa.
4. Menjelaskan pengertian kekuatan asam dan menyimpulkan hasil pengukuran pH dari bebrapa larutan asam dan basa yang konsentrasinya sama.
5. Menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat pengionan (α) dan tetapan asam (Ka) atau tetapan basa (Kb)
6. Menentukan pHlarutan asam dan basa berdsasarkan konsentrasi asam/basa dan nilai Ka/Kb.
7. Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry.
8. Menuliskan persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry dan menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinya.
9. Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Lewis.
10. Menjelaskan penggunaan konsep pH dalam lingkungan.
II. Tujuan:
Siswa dapat,
Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius.
Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry.
Menuliskan persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry dan menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinya.
Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Lewis.
5. Mengidentifikasi sifat larutan asam dan basa dengan berbagai indikator.
Memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang idak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai indikator asam dan basa.
Menjelaskan pengertian kekuatan asam dan menyimpulkan hasil pengukuran pH dari bebrapa larutan asam dan basa yang konsentrasinya sama.
8. Menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat pengionan (α) dan tetapan asam (Ka) atau tetapan basa (Kb)
Menentukan pHlarutan asam dan basa berdsasarkan konsentrasi asam/basa dan nilai Ka/Kb.
Menjelaskan penggunaan konsep pH dalam lingkungan.
III. Materi Ajar :
o Sifat larutan asam dan basa.
o Teori asam-basa Arhenius.
o Derajat keasaman.
o Derajat ionisasi (α) dan tetapan asam (Ka) dan basa (Kb).
o Teori asam-basa Brosted-Lowry.
o Aplikasi kosep pH dalam pencemaranair.
IV. Metode pendekatan:
Penyampaian informasi
Percobaan/Demonstrasi
Diskusi
Penugasan
V. Alokasi Waktu
16 Jam pelajaran
VI. Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Tatap muka(5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.
Tugas terstruktur(80 menit)
o Melakukan Percobaan/demonstrasi dan diskusi kelas untuk mengidentifikasi sifat larutan asam, basa dan netral dengan menggunakan kertas lakmus dan indikator pH sesuai dengan LKS 5.1.
o Melakukan Percobaan/demonstrasi dan diskusi kelas untuk mengidentifikasi sifat larutan asam, basa dan netral dengan indikator buatan sendiri sesuai dengan LKS 5.1.
o Menyimpulkan sifat asam, basa dan netral.
o Menyimpulkan cara menunjukkan asam, basa dan netral dengan indikator asam-basa industri dan buatan sendiri
Tugas Mandiri(5 menit)
o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 5.2 dan LKS 5.3.
o Penutup
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Tatap muka(5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.
Tugas terstruktur(80 menit)
o Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan sifat asam dan basa sesuai dengan LKS 5.2.
o Melakukan Percobaan/demonstrasi dan diskusi kelas untuk membahas konsep pH sesuai dengan LKS 5.3.
o Menyimpulkan teori asam-basa Arrhenius.
o Menyimpulkan konsep pH.
Tugas Mandiri(5 menit)
o Menugaskan siswa untuk mengerjakan Latihan 5.1 dari buku paket.
o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 5.4.
Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)
Tatap muka(5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.
Tugas terstruktur(80 menit)
o Membahas pekerjaan rumah siswa (Latihan 5.1), khususnya yang dianggap sukar.
o Melakukan diskusi kelas untuk membahas kekuatan asam sesuai dengan LKS 5.4.
o Menyimpulkan hubungan kekuatan asam dengan derajat ionisasi dan tetapan asam atau tetapan basa.
Tugas Mandiri(5 menit).
o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 5.5.
Pertemuan Keempat: (2 jam pelajaran)
Tatap muka(5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.
Tugas terstruktur(80 menit)
o Melakukan diskusi kelas untuk menhitung pH larutan asam dan basa sesuai dengan LKS 5.3.
o Menyimpulkan rumus-rumus untuk menghitung pH larutan
Tugas Mandiri(5 menit)
o Menugaskan siswa untuk mengerjakan Latihan 5.2.
o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 5.6.
Pertemuan Kelima: (2 jam pelajaran)
Tatap muka(5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.
Tugas terstruktur(80 menit)
o Membahas pekerjaan rumus siswa (Latihan 5.2), khususnya yang dianggap sukar.
o Malakukan diskusi kelas untuk membahas trayek pH indikator asam-basa sesuai dengan LKS 5.6.
o Menyimpulkan trayek pH indikator.
Tugas Mandiri(5 menit)
o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 5.7.
Pertemuan Keenam: (2 jam pelajaran)
Tatap muka(5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.
Tugas terstruktur(80 menit)
o Melakukan diskusi kelas untuk membahas teori asam-basa Brosted-Lowry dan Lewis sesuai dengan LKS 5.7.
o Menyimpulkan pengertian asam dan basa menurut Brosted-Lowry dan Lewis sesuai dengan LKS 5.7.
Tugas Mandiri(5 menit)
o Menugaskan siswa untuk mengerjakan Latihan 5.4 dari buku paket dan uji kompetensi dari LKS.
o Menugaskan siswa untuk menyiapkan presentasi tentang pencemaran air.
Pertemuan Ketujuh: (2 jam pelajaran)
Tatap muka(5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.
Tugas terstruktur(80 menit)
o Membahas pekerjaan rumah siswa (Latihan 5.4 dan uji kompetensi), khususnya yang dianggap sukar.
o Presentasi siswa tentang pH sebagai indikator pencemaran air.
Tugas Mandiri(5 menit)
o Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya.
Ulangan harian (soal dapat dilihat pada kartu soal).
Pertemuan Kedelapan: (2 jam pelajaran)
Tatap muka(5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
Tugas terstruktur(80 menit)
o Ulangan harian (60 menit)
o Membahas soal ulangan (20 menit)
Tugas Mandiri(5 menit)
o Mengingatkan siswa untuk remedial.
o Menugaskan siswa untuk mengerjakan LKS 6.1.
VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia.
VII. Penilaian:
A. PPK : KIM2201MP dan KIM2204MP
B. Praktik : KIM2202MP dan KIM2203MP
C. Afeksi : KIM2205MP
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kimia
Kepala Sekolah
Dra. Sri Supriyanti, M.Pd. Agus Hardiyanto
NIP. 130899211 NIP. 131906987
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
STOIKIOMETRI LARUTAN
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XI IPA / 2
Standar Kompetensi : 4. Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran dan terapannya.
Kompetensi dasar : 4.2 Menghitung banyaknya pereaksi dan hasil reaksi dalam larutan elektrolit dari hasil titrasi asam basa.
I. Indikator:
11. Menentukan konsentrasi asam atau basa dengan titrasi.
12. Menentukan kadar zat melalui titrasi.
13. Menentukan indikator yang tepat digunakan untuk titrasi asam dan basa.
14. Menentukan kadar zat dari data hasil titrasi.
15. Membuat grafik titrasi dari data hasil percobaan.
II. Tujuan:
Siswa dapat,
Menentukan konsentrasi asam atau basa dengan titrasi.
Menentukan kadar zat melalui titrasi.
Menentukan indikator yang tepat digunakan untuk titrasi asam dan basa.
Menentukan kadar zat dari data hasil titrasi.
Membuat grafik titrasi dari data hasil percobaan.
III. Materi Ajar :
o Persamaan ion.
o Reaksi penetralan.
o Titrasi asam-basa.
o Kurva titrasi.
o Kurva titrasi teoritis.
o Memilih indikator.
IV. Metode pendekatan:
Penyampaian informasi
Percobaan/Demonstrasi
Diskusi
Penugasan
VII. Alokasi Waktu
10 Jam pelajaran
VIII. Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Tatap muka(5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.
Tugas terstruktur(80 menit)
o Melakukan demonstrasi dan diskusi kelas untuk membahas persamaan ion sesuai dengan LKS 6.1.
o Melakukan demonstrasi dan diskusi kelas untuk membahas reaksi penetralan sesuai dengan LKS 6.2.
Tugas Mandiri(5 menit)
o Menyimpulkan persamaan ion.
o Menyimpulkan reaksi penetralan.
o Menugaskan siswa untuk mengerjakan Latihan 6.1 dari buku paket.
o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 6.3 dan 6.4.
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Tatap muka(5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.
Tugas terstruktur(80 menit)
o Membahas perkerjaan rumah siswa (Latihan 6.1), khususnya yang diangap sukar.
o Melakukan demonstrasi dan diskusi kelas untuk membahas titrasi asam-basa sesuai dengan LKS 6.3.
o Melakukan demonstrasi dan diskusi kelas untuk membahas kurva titrasi sesuai dengan LKS 6.4.
Tugas Mandiri(5 menit)
o Menyimpulkan prinsip titrasi asam-basa.
o Menyimpulkan kurva titrasi.
o Menugaskan siswa untuk mengerjakan Latihan 6.2 dari buku paket.
o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 5.5 dan 5.6.
Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)
Tatap muka(5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.
Tugas terstruktur(80 menit)
o Membahas pekerjaan rumah siswa (Latihan 5.2), khususnya yang dianggap sukar.
o Presentasi kelopok tentang kurva titrasi teoritis.
o Melakukan dikusi kelas untuk membahas indikator titrasi yang baik sesuai dengan LKS 5.6
Tugas Mandiri(5 menit)
o Menyimpulkan cara memilih indikator titrasi asam-basa.
o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 6.7.
Pertemuan Keempat: (2 jam pelajaran)
Tatap muka(5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.
Tugas terstruktur(80 menit)
o Melakukan percobaan penetapan kadar asam asetat dalam cuka makan sesuai dengan LKS 6.7.
Tugas Mandiri(5 menit)
o Menyimpulkan hasil percobaan.
o Menugaskan siswa untuk mengerjakan Latihan 6.3 dari buku paket dan uji kompotensi Bab 6 dari LKS.
o Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan kelima: (2 jam pelajaran)
Tatap muka(5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
Tugas terstruktur(80 menit)
o Membahas pekerjaan rumah siswa, khususnya yang diangap sukar.
o Ulangan harian (60 menit)
o Membahas soal ulangan (20 menit)
Tugas Mandiri(5 menit)
o Mengingatkan siswa untuk remedial.
o Menugaskan siswa untuk mengerjakan LKS 7.1.
VIII. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia.
IX. Penilaian:
A. PPK : KIM2206MP
B. Praktik : KIM2208MP
C. Afeksi : KIM2207MP
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kimia
Kepala Sekolah
Dra. Sri Supriyanti, M.Pd. Agus Hardiyanto
NIP. 130899211 NIP. 131906987
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
LARUTAN PENYANGGA
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XI IPA / 2
Standar Kompetensi : 4. Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran dan terapannya.
Kompetensi dasar : 4.3. Mendeskripsikan sifat larutan penyangga dan peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup.
I. Indikator:
16. Menganalisis larutan penyangga dan bukan penyangga melalui percobaan.
17. Menghitung pH larutan penyangga.
18. Menghitung pH larutan penyangga dengan penambahan sedikit asam atau sedikit basa atau dengan poengenceran.
19. Menjelaskan fungsi larutan penyangga dalam tubuh mahluk hidup
II. Tujuan:
Siswa dapat,
Menganalisis larutan penyangga dan bukan penyangga melalui percobaan.
2. Menghitung pH larutan penyangga.
Menghitung pH larutan penyangga dengan penambahan sedikit asam atau sedikit basa atau dengan poengenceran.
Menjelaskan fungsi larutan penyangga dalam tubuh mahluk hidup
III. Materi Ajar :
o Komponen dan fungsi larutan penyangga.
o pH larutan penyangga.
o Fungsi larutan penyangga.
IV. Metode pendekatan:
Penyampaian informasi
Percobaan/Demonstrasi
Diskusi
Penugasan
IX. Alokasi Waktu
Jam pelajaran
X. Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Tatap muka(5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.
Tugas terstruktur(80 menit)
o Melakukan demonstrasi dan diskusi kelas untuk membahas komponen larutan penyangga sesuai dengan LKS 7.1.
Tugas Mandiri(5 menit)
o Menyimpulkan larutan penyangga.
o Menyimpulkan komponen dan cara kerja larutan penyangga.
o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 7.2 dan 7.3.
o Salam penutup.
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Tatap muka(5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.
Tugas terstruktur(80 menit)
o Melakukan diskusi kelas untuk membahas pH larutan penyangga sesuai dengan LKS 7.2.
o Melakukan diskusi kelas untuk membahas perubahan pH larutan penyangga sesuai dengan LKS 7.3.
Tugas Mandiri(5 menit)
o Menyimpulkan rumus untuk menghitung pH larutan penyangga.
o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 7.4.
o Menugaskan siswa untuk mengerjakan Latihan 7.1 dari buku paket.
o Salam penutup.
Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)
Tatap muka(5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.
Tugas terstruktur(80 menit)
o Melakukan dikusi kelas untuk membahas fungsi larutan penyangga sesuai dengan LKS 7.4.
o Membahas pekerjaan rumah siswa (Latihan 7.1), khususnya yang dianggap sukar.
Tugas Mandiri(5 menit)
o Menyimpulkan fungsi larutan penyangga.
o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 8.1.
o Salam penutup.
X. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia.
XI. Penilaian:
A. PPK : KIM2210MP
B. Praktik : KIM2209MP
C. Afeksi : KIM2211MP
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kimia
Kepala Sekolah
Dra. Sri Supriyanti, M.Pd. Agus Hardiyanto
NIP. 130899211 NIP. 131906987
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
HIDROLISIS
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XI IPA / 2
Standar Kompetensi : 4. Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran dan terapannya.
Kompetensi dasar : 4.4. Menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut
I. Indikator:
20. Menentukan sifat larutan garam melalui percobaan.
21. Menjelaskan sifat larutan garam dengan konsep hidrolisis
22. Menghitung pH larutan garam yang terhidrolisis.
II. Tujuan:
Siswa dapat,
Menentukan sifat larutan garam melalui percobaan.
Menjelaskan sifat larutan garam dengan konsep hidrolisis
Menghitung pH larutan garam yang terhidrolisis.
III. Materi Ajar :
o Sifat Larutan garam
o Konsep hidrolisis
o pH larutan garam
IV. Metode pendekatan:
Penyampaian informasi
Percobaan/Demonstrasi
Diskusi
Penugasan
XI. Alokasi Waktu
6 Jam pelajaran
XII. Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Tatap muka(5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.
Tugas terstruktur(80 menit)
o Melakukan percobaan/demonstrasi dan diskusi kelas untuk mempelajari sifat larutan garam sesuai dengan LKS 8.1.
Tugas Mandiri(5 menit)
o Menyimpulkan sifat larutan garam.
o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 8.2 dan 8.3.
o Salam penutup.
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Tatap muka(5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.
Tugas terstruktur(80 menit)
o Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan sifat larutan garam sesuai dengan LKS 8.2.
o Melakukan diskusi kelas untuk menghitung pH larutan garam sesuai dengan LKS 3.3.
Tugas Mandiri(5 menit)
o Menyimpulkan rumus untuk menghitung pH larutan garam
o Menugaskan siswa untuk mempelajari Latihan 8.1 dari buku paket.
o Menugaskan siswa untuk mengerjakan uji kompetensi dari LKS.
o Salam penutup.
Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)
Tatap muka(5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.
Tugas terstruktur(80 menit)
o Membahas pekerjaan rumah siswa (Latihan 7.1), khususnya yang dianggap sukar.
Tugas Mandiri(5 menit)
o Menugaskan siswa untuk mengerjakan soal-soal Bab 8 dari buku paket.
o Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya.
o Salam penutup.
Pertemuan Keempat: (2 jam pelajaran)
Tatap muka(5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.
Tugas terstruktur(80 menit)
o Ulangan blok bab 7 dan bab 8 (60 menit).
o Membahas soal ulangan
Tugas Mandiri(5 menit)
o Mengingatkan siswa untuk remedial.
o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 9.1.
o Salam penutup.
XII. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia.
XIII. Penilaian:
A. PPK : KIM2213MP
B. Praktik : KIM2212MP
C. Afeksi : KIM2214MP
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kimia
Kepala Sekolah
Dra. Sri Supriyanti, M.Pd. Agus Hardiyanto
NIP. 130899211 NIP. 131906987
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KELARUTAN DAN HASILKALI KELARUTAN
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XI IPA / 2
Standar Kompetensi : 4. Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran dan terapannya.
Kompetensi dasar : 4.6. Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan dan hasil kali kelarutan.
I. Indikator:
1. Menjelaskan arti kelarutan dan hasilkali kelarutan.
2. Menuliskan ungkapan berbagai Ksp elektrolit yang sukar larut dalam air.
3. Menghitung kelarutan suatu elektrolit yang sukar larut berdasarkan data Ksp atau sebaliknya..
4. Menjelaskan pengaruh penambahan ion senama pada kelarutan.
5. Memperkirakan terbentuknya endapan berdasarkan harga Ksp.
II. Tujuan:
Siswa dapat,
Menjelaskan arti kelarutan dan hasilkali kelarutan.
2. Menuliskan ungkapan berbagai Ksp elektrolit yang sukar larut dalam air.
3. Menghitung kelarutan suatu elektrolit yang sukar larut berdasarkan data Ksp atau sebaliknya..
Menjelaskan pengaruh penambahan ion senama pada kelarutan.
Memperkirakan terbentuknya endapan berdasarkan harga Ksp.
III. Materi Ajar :
o Kelarutan dan hasilkali kelarutan.
o Pengaruh ion senamapada kelarutan.
o Reaksi pengendapan.
IV. Metode pendekatan:
Penyampaian informasi
Percobaan/Demonstrasi
Diskusi
Penugasan
XIII. Alokasi Waktu
6 Jam pelajaran
XIV. Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Tatap muka(5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.
Tugas terstruktur(80 menit)
o Melakukan percobaan/demonstrasi dan diskusi kelas untuk
1) menjelaskan pengertian kelarutan dan hasilkali kelarutan
2) hubungan kelarutan dan hasilkali kelarutan
3) menghitung nilai kelarutan berdasarkan hasilkali kelarutan dan sebaliknya
sesuai dengan LKS 9.1.
Tugas Mandiri(5 menit)
o Menyimpulkan kelarutan dan hasilkali kelarutan serta hubungan di antara keduanya.
o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 9.2 dan 9.3.
o Salam penutup.
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Tatap muka(5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.
Tugas terstruktur(80 menit)
o Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan pengaruh ion senama pada kelarutan sesuai dengan LKS 9.2.
o Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan reaksi pengendapan sesuai dengan LKS 9.3.
Tugas Mandiri(5 menit)
o Menyimpulkan rumus untuk menghitung pH larutan garam.
o Menugaskan siswa untuk mengerjakan Latihan 9.1 dari buku paket.
o Menugaskan siswa untuk mengerjakan uji kompetensi Bab 9 dari LKS.
o Salam penutup.
Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)
Tatap muka(5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.
Tugas terstruktur(80 menit)
o Membahas pekerjaan rumah siswa (Latihan 9.1), dan uji kompetensi dari LKS khususnya yang dianggap sukar.
Tugas Mandiri(5 menit)
o Menugaskan siswa untuk mengerjakan soal-soal Bab 8 dari buku paket.
o Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya.
o Salam penutup.
Pertemuan Keempat: (2 jam pelajaran)
Tatap muka(5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.
Tugas terstruktur(80 menit)
(2) Ulangan blok bab 9 (60 menit).
(3) Membahas soal ulangan
Tugas Mandiri(5 menit)
(4) Mengingatkan siswa untuk remedial.
(5) Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 10.1.
(6) Salam penutup.
VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia.
VII. Penilaian:
A. PPK : KIM2217MP
B. Praktik : KIM2218MP
C. Afeksi : KIM2219MP
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kimia
Kepala Sekolah
Dra. Sri Supriyanti, M.Pd. Agus Hardiyanto
NIP. 130899211 NIP. 131906987
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SISTEM KOLOID
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XI IPA / 2
Standar Kompetensi : 5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta peneapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi dasar : 5.1. Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
5.2. Membuat berbagai sistem koloid dengan bahan-bahan yang ada di sekitarnya.
I. Indikator:
6. Mengklasifikasikan suspensi kasar, larutan sejati dan koloid berdasarkan data hasil pengamatan (effek Tyndall, homogen/heterogen, dan penyaringan)
7. Mengelompokkan jenis koloid berdasarkan fase terdispersi dan fase pendispersi.
8. Mendeskripsikan sifat-sifat koloid (effek Tyndall, gerak Brown, dialisis, elektroforesis, emulsi, koagulasi)
9. Menjelaskan koloid liofob dan liofil
10. Mendeskripsikan peranan koloid di industri kosmetik, makanan, dan farmasi.
11. Menjelaskan proses pembuatan koloid melalui percobaan.
II. Tujuan:
Siswa dapat,
Mengklasifikasikan suspensi kasar, larutan sejati dan koloid berdasarkan data hasil pengamatan (effek Tyndall, homogen/heterogen, dan penyaringan)
Mengelompokkan jenis koloid berdasarkan fase terdispersi dan fase pendispersi.
Mendeskripsikan sifat-sifat koloid (effek Tyndall, gerak Brown, dialisis, elektroforesis, emulsi, koagulasi)
Menjelaskan koloid liofob dan liofil
Mendeskripsikan peranan koloid di industri kosmetik, makanan, dan farmasi.
Menjelaskan proses pembuatan koloid melalui percobaan.
III. Materi Ajar :
o Kelarutan dan hasilkali kelarutan.
o Pengaruh ion senamapada kelarutan.
o Reaksi pengendapan.
IV. Metode pendekatan:
Penyampaian informasi
Percobaan/Demonstrasi
Diskusi
Penugasan
XV. Alokasi Waktu
6 Jam pelajaran
XVI. Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Tatap muka(5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.
Tugas terstruktur(80 menit)
o Melakukan percobaan/demonstrasi dan diskusi kelas untuk menjelaskan klasifikasi sistem koloid sesuai dengan LKS 10.1.
Tugas Mandiri(5 menit)
o Menyimpulkan sistem koloid dan penggolongannya.
o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 10.2.
o Salam penutup.
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Tatap muka(5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.
Tugas terstruktur(80 menit)
o Melakukan diskusi kelas untuk membahas sifat-sifat koloiod sesuai dengan LKS 10.2.
Tugas Mandiri(5 menit)
o Menyimpulkan sifat-sifat koloid.
o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 10.3.
o Salam penutup.
Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)
Tatap muka(5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.
Tugas terstruktur(80 menit)
o Melakukan percobaan dan diskusi kelas untuk mempelajari pembuatan koloid sesuai dengan LKS 10.3.
Tugas Mandiri(5 menit)
o Menugaskan siswa untuk mengerjakan soal-soal Bab 10 dari buku paket dan soal uji kompetensi dari LKS.
o Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya.
o Salam penutup.
Pertemuan Keempat: (2 jam pelajaran)
Tatap muka(5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa pekerjaan rumah siswa.
Tugas terstruktur(80 menit)
(7) Membahas pekerjaan rumah siswa (soal-soal bab 10 dan soal uji kompetensi), khususnya yang dianggap sukar (20 menit)
(8) Ulangan blok bab 10 (45 menit).
(9) Membahas soal ulangan (10 menit)
Tugas Mandiri(5 menit)
(10) Mengingatkan siswa untuk remedial.
(11) Salam penutup.
VIII. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia.
IX. Penilaian:
A. PPK : KIM2220MP dan KIM2223MP
B. Praktik : KIM2221MP dan KIM2224MP
C. Afeksi : KIM2222MP dan KIM2225MP
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kimia
Kepala Sekolah
Dra. Sri Supriyanti, M.Pd. Agus Hardiyanto
NIP. 130899211 NIP. 131906987
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Untuk kebaikan blog ini komentar anda aku tunggu