10 November, 2009

Polimer menghasilkan cahaya putih terang


Polimer menghasilkan cahaya putih terang
Para ilmuwan di Cina telah menemukan cara yang unik untuk menghasilkan cahaya putih dari polimer organik. Yang polimer akhirnya dapat digunakan dalam menampilkan warna dan perangkat listrik lain, kata mereka.
Juan Peng dan rekan-rekannya di Universitas Fudan, Shanghai, membuat diblock copolymer micelles dengan hijau dan merah pewarna memancarkan cahaya di tengah, dan memancarkan cahaya biru polimer di luar. The Pewarna memancarkan secara bersamaan, memadukan warna agar menghasilkan cahaya putih.
Polimer
Emisi simultan merah, hijau dan biru menghasilkan cahaya putih
Membuat bahan memancarkan cahaya putih dari kompleks organik telah menjadi tantangan yang signifikan untuk bahan kimia. Berbagai metode telah dicoba tetapi tidak ada yang memiliki kesederhanaan rute ini, kata Peng. Para micelles adalah bagian penting, ia menjelaskan, saat mereka mengisolasi pemancar cahaya pewarna dari satu sama lain. Ini berhenti perpindahan energi antara mereka dan memungkinkan mereka memancarkan secara bersamaan.
'Ini adalah cukup cerdas karya dan cara yang sangat baik untuk menghasilkan cahaya putih,' komentar Fred Wudl, seorang ahli dalam polimer organik yang memancarkan cahaya, di University of California, Santa Barbara, Amerika Serikat. Dia menyatakan bahwa bahan-bahan yang memiliki potensi besar tetapi mereka belum cukup efisien untuk digunakan dalam menampilkan warna dan sumber cahaya lain.
Tim berharap untuk memperluas pekerjaan mereka untuk membuat micelles ke perangkat listrik. "Yang paling penting aplikasi komersial dalam bidang ini adalah fabrikasi putih dioda pemancar cahaya. Hanya setelah kita memecahkan masalah efisiensi, dapat kita berbicara tentang perangkat yang sebenarnya. Tapi saya percaya bahwa dalam waktu dekat, akan mungkin, Kesimpilan Peng.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Untuk kebaikan blog ini komentar anda aku tunggu