19 Oktober, 2009

Jelajah Internet Kurangi Dampak Pikun

Jelajah Internet Kurangi Dampak Pikun

Penggunaan internet akan menstimulasi pikiran, lebih kuat daripada membaca buku.

Siapa bilang internet hanya kegiatan yang membuang-buang waktu. Menjelajah dunia maya ternyata bisa mengurangi dampak gangguan ingatan seperti pikun atau dementia karena faktor usia.

Berdasarkan hasil penelitian dari tim Universitas California, Los Angeles (UCLA), Amerika Serikat, berselancar di internet bisa meningkatkan aktivitas otak bagi orang-orang lanjut usia.

Harian Sunday Times of London melaporkan, dibanding membaca, penggunaan internet akan menstimulasi pikiran dengan lebih kuat . Efek dari berselancar di internet juga berlangsung lebih lama setelah kegiatan tersebut berakhir.

"Kami menemukan bahwa bagi orang-orang usia lanjut dengan sedikit pengalaman dalam menggunakan internet, menyusuri dunia maya meski hanya sebentar bisa mengubah pola aktivitas otak dan meningkatkan fungsi otak," kata Dr. Gary Small, profesor neurologi di UCLA .

Dr. Small dan timnya melibatkan 24 laki-laki dan perempuan berusia antara 55 dan 78 tahun. Setengah dari mereka adalah pengguna rutin internet. Sedangkan sisanya jarang atau tidak pernah menggunakan internet.

Peneliti menggunakan teknik yang disebut penggambaran gema magnetik yang bisa menentukan bagian otak yang paling aktif dan paling tidak aktif berdasarkan perubahan aliran darah. Subjek penelitian diminta melakukan serangkaian pencarian di internet selagi otak mereka di-scan. (vivanews.com/ humasristek)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Untuk kebaikan blog ini komentar anda aku tunggu