19 Oktober, 2009

LANGKAH-LANGKAH MENGHADAPI KEJAHATAN CYBER

LANGKAH-LANGKAH MENGHADAPI KEJAHATAN CYBER
Maraknya modus penyerangan melalui internet, makin membuat para pengguna jasa layanan tersebut untuk dituntut ekstra berhati-hati ketika ingin mengunjungi situs tertentu.

Namun demi menjaga keamanan dan kenyaman ketika sedang online, tidaklah diperlukan pengetahuan maupun keahlian khusus tentang kejahatan di dunia maya. Kini para pengguna awam pun dapat dapat berinternet dengan nyaman dengan menjalankan langkah-langkah sebagai berikut.

1. Melindungi Komputer
Hal paling mendasar yang dapat dilakukan pengguna komputer untuk menjaga keamanan adalah, dengan menggunakan tiga teknologi murah: aplikasi anti virus, aplikasi anti-spyware dan firewall. Bahkan, beberapa perusahaan penyedia jasa keamanan internet, ada yang telah menyediakan ketiga aplikasi tersebut dalam satu paket murah yang mudah digunakan.

2. Melindungi identitas Anda
Jangan pernah untuk mengumbar data pribadi anda di Internet. Baik itu, nomor kartu tanda penduduk, tanggal lahir, dan lain-lain. Karena hal tersebut sangat berharga dan dapat disalahgunakan.

3.Melindungi anak-anak
Anak-anak adalah sasaran yang paling rentan di dunia maya. Memantau kegiatan mereka ketika sedang online mutlak dibutuhkan, untuk memudahkannya telah tersedia aplikasi yang akan membantu anada utuk melindungi sang buah hati.

4. Selalu Up-to-date
Penyerangan melalui internet banyak sekali yang memanfaatkan "celah" pada sistim komputer anda. untuk itu, update harus sering dilakukan. Dan untuk memudahkan penggunanya, beberapa aplikasi telah menyediakan fitur update berkala secara otomatis.

5. Amankan Email
Email adalah salah satu alat penyerangan yang paling sering digunakan. Banyak sekali, modus penipuan yang dilakukan melalui email palsu. Untuk itu ada baiknya para pengguna komputer agar lebih jeli ketika menerima email.

6. Melindungi account
menggunakan password yang "sulit" merupakan tindakan cerdas guna menghindari pencurian data.

7. Membuat salinan
Ada baiknya para pengguna komputer membuat salinan dari dokumen pribadinya, entah itu foto, musik, atau yang lainnya. Hal tersebut sangat berguna jika terjadi pencurian data atau kesalahan sistim.

8. Tentukan Pilihan
Jika sesutu terjadi dan anda membutuhkan pertolongan, pastikan anda memilih layanan yang tepat yang dapat membantu anda.

9. Cari Informasi
Memantau perkembangan informasi pada salah satu penyedia jasa layanan kemanan internet juga diperlukan, salah satunya adalah pada National Cyber Alert System yang berasal dari Amerika. Dengan informasi yang didapat, pengguna diharapkan dapat mengetahui jenis pennyerangan yang sedang marak terjadi.

10.Ikut Melibatkan Sekolah
Ikut berpartisipasi melalui instansi pendidikkan seperti sekolah, guna memperkenalkan kepada siswa perihal mengenai keamanan internet. Materi yang ingin disampaikan pun dapat diunduh melalui beberapa situs penyedia jasa keamanan internet..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Untuk kebaikan blog ini komentar anda aku tunggu